Penulis Utama : Devina Ruth Merida
NIM / NIP : E0014093
×

ABSTRAK


Devina Ruth Merida. 2018. E0014093. Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Atas Kehilangan Barang Kiriman Oleh Jasa Ekspedisi Barang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi pada Kantorpos Solo). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji bagaimana pelaksanaan perlindungan konsumen oleh Kantorpos Solo atas barang milik konsumen yang hilang, selain itu juga bertujuan mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh konsumen dalam melindungi haknya apabila terjadi barang yang hilang oleh Kantorpos di Solo.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat preskriptif dan terapan, sedangkan apabila dilihat dari jenisnya termasuk penelitian hukum normatif. Sumber bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan non hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen atau bahan pustaka dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan perlindungan konsumen atas barang hilang milik konsumen oleh kantorpos belum sepenuhnya terpenuhi, karena masih ada beberapa barang konsumen yang hilang, akantetapi dalam pelaksanaan ganti rugi yang dipenuhi kantorpos dalam memenuhi hak konsumen agar tidak dirugikan sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Selain itu langkah yang dapat dilakukan oleh konsumen atas barang yang hilang dapat dilakukan pengaduan atas barang hilang kepada kantorpos.

Kata Kunci: perlindungan konsumen, ganti rugi, barang hilang milik konsumen

 

×
Penulis Utama : Devina Ruth Merida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014093
Tahun : 2018
Judul : Pelaksanaan Perlindungan Konsumen atas Kehilangan Barang pada Pengiriman oleh Jasa Ekspedisi Barang Berdasar Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi pada Kantor Pos Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0014093-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, S.H., M.Si
2. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.