Penulis Utama : Evan Nandihika Indhiraputra
NIM / NIP : E0013160
×

Evan Nandihika Indhiraputra, 2017, E0013160, PEMANFAATAN DANA DESA DITINJAU DARI ASAS KETERBUKAAN  DI DESA WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Dana Desa yang ditinjau dari asas-asas Pemerintahan yang baikDi Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar serta apa saja hambatan yang terjadi dalam Pemanfaatan Dana Desa di Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat diskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber primer yang digunakan adalah wawancara langsung dengan pihak terkait yang diteliti. Sumber data sekunder adalah kepustakaan, peraturan perundang-undangan, jurnal, artikel dan bahan dari internet serta sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dengan menuju langsung ke objek penelitian dan studi kepustakaan untuk memperoleh landasan teori yang berkaitan dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan bahwa Pemanfaatan Dana Desa di Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar menerapkan asas keterbukaan. Tahap perencanaan penggunaan dana desa dilakukan dengan melibatkan masyarakat yang tergabung dalam musrenbangdes untuk menjamin keterbukaan Pemerintah Desa pada tahap awal. Tahap pengelolaan dilakukan dengan pemasangan papan rincian anggaran pembangunan yang bersumber dari dana desa, dan pada tahap pengawasan  pertanggungjawaban dilakukan pelaporan penyelesaian pembangunan oleh kepala desa beserta perangkat desa yang mengundang BPD, LPMD, dan tokoh-tokoh masyarakat setiap 3 bulan sekali untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program Dana Desa yang sudah terlaksana. Desa Wonorejo mengalami berbagai hambatan dalam mengelola dana desa, hambatan-hambatan tersebut terjadi karena faktor di dalam maupun luar pemerintah Desa Wonorejo.

Kata Kunci: Pemerintahan, Dana Desa, Keterbukaan informasi.

 

×
Penulis Utama : Evan Nandihika Indhiraputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013160
Tahun : 2018
Judul : Pemanfaatan Dana Desa ditinjau dari Asas Keterbukaan di Desa Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0013160-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suranto, S.H.,M.H
2. Achmad, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.