Penulis Utama : Maulana Yusuf Al-amin
NIM / NIP : F3515044
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode peramalan yang paling tepat untuk proses perencanaan dan pengendalian produksi Param Kocok 25ml. Mencari metode peramalan permintaan terbaik bertujuan untuk mengetahui metode yang paling tepat dan akurat dalam menentukan jumlah produksi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan suatu kondisi atau peristiwa apapun yang berhubungan dengan variabel terkait yang dapat dijelaskan dengan kalimat maupun angka. Penelitian dilakukan di lingkungan PT. Air Mancur, yakni perusahaan yang memproduksi jamu tradisional dipasarkan secara luas.Dengan menggunakan beberapa metode seperti SMA tiga bulanan, SMA empat bulanan, WMA tiga bulanan (bobot : 1,2,3), dan WMA tiga bulanan (bobot : 1,3,5), didapatkan satu metode yang paling mendekati akurat, agar dapat dijadikan acuan dalam menentukan jumlah produksi barang.
Hasil yang didapatkan adalah metode SMA empat bulanan menjadi metode peramalan yang memiliki tingkat kesalahan paling kecil dibanding metode permalan lainnya. Metode SMA empat bulanan ini mendapatkan hasil kesalahan terkecil dilihat dari beberapa tolok ukur antara lain : MAD, MSE, MAPE.
Dengan diketahuinya metode peremalan terbaik tersebut, PT. Air Mancur dapat menggunakannya agar kesalahan jumlah produksi dapat diperkecil. Sehingga proses produksi dapat berjalan lebih efisien.
 
Kata kunci : Peramalan, SMA tiga bulanan, SMA empat bulanan, WMA tiga bulanan

×
Penulis Utama : Maulana Yusuf Al-amin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515044
Tahun : 2018
Judul : Peramalan Penjualan Produk Parcok dengan Metode Time Series pada PT. Air Mancur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. Studi D III Manajemen Bisnis- F3515044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Setyowati, S.E, M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.