Penulis Utama : Aulia Harina Wibowo
NIM / NIP : R0015016
×

Latar Belakang : Upaya untuk menanggulangi kebakaran di tempat kerja diperlukan adanya deteksi dini dengan peralatan proteksi kebakaran. Sistem proteksi kebakaran merupakan alat atau instalasi yang berfungsi intuk mendeteksi, mengendalikan, dan memadamkan kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi sistem proteksi kebakaran dalam upaya pengendalian kebakaran di PT. PJB UP Gresik Jawa Timur.
Metode :Penelitian ini menggunakan metode obsevasi yang bersifat deskriptif untuk mengetahui gambaran implementasi sistem proteksi kebakaran dalam upaya pengendalian kebakaran di PT. PJB UP Gresik Jawa Timur.
Hasil :Perusahan telah menerapkan sistem proteksi kebakaran berupa fire safety management berupa kebijakan PT. PJB UP Gresik, pembentukan organisasi, pelaksanaanya, gladi latihan, pemeriksaan, evaluasi. Sistem proteksi kebakaran aktif berupa APAR, APAT, fire water pum, sprinkler, hydrant, control fire control panel, gas supression system, air foam supression system, dry chemical supression system, mobil pemadam kebakaran, tim pemadam kebakara. Sistem proteksi kebakaran pasif berupa alarm kebakaran, fire detector, konstruksi tahan api, ijin kerja panas, penyalur petir, poster larangan. Sarana penyelamatan jiwa berupa jalur evakuasi, pintu darurat, tanda petunjuk keluar, titik kumpul, tangga darurat.
Simpulan : PT. PJB Gresik Jawa timur terdapat beberapa sumber bahaya kebakaran. PT. PJB UP Gresik telah menerapkan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran dengan penyediaan sistem proteksi kebakaran dan sarana penyelamatan jiwa.
Kata Kunci: Sistem Proteksi Kebakaran, Pengendalian Kebakaran

×
Penulis Utama : Aulia Harina Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015016
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Implementasi Sistem Proteksi Kebakaran Dalam Upaya Pengendalian Kebakaran Di Pt. Pjb Up Gresik Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Studi D.Iii Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.