Penulis Utama : Dita Sukmawati Putri
NIM / NIP : C0214019
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana tipe-tipe reduplikasi nomina dalam bahasa Indonesia? (2) bagaimana perubahan makna yang timbul dari reduplikasi nomina dalam bahasa Indonesia berdasarkan perspektif derivasi dan infleksi? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tipe-tipe reduplikasi nomina dalam bahasa Indonesia (2) mendeskripsikan perubahan makna yang timbul dari reduplikasi nomina dalam bahasa Indonesia berdasarkan perspektif derivasi dan infleksi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari surat kabar Solopos dan novel Ayah karya Andrea Hirata. Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung bentuk reduplikasi nomina, data diperoleh dengan menggunakan teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Kemudian data dianalisis dengan metode agih dan teknik analisis data menggunakan teknik urai unsur terkecil.
Dari hasil penelitian ini ditemukan 13 tipe reduplikasi nomina dalam bahasa Indonesia, yaitu tipe (D + R), (D + Rperf), ((D + R) + ber-), ((D + R) + ber-/-an), ((D + R) + meN-), ((D + R) + meN-/-kan), ((D + R) + -an), (D + Rp), ((D + R) + ter-), ((D + R) + -nya), ((D + R) + di-/-i), ((D + R) + di-/-kan), dan ((D + R) + se-), tipe yang bersifat ifleksional ada dua, yaitu tipe (D + R) memiliki makna ‘tak tunggal’ dan makna ‘iteratif’ dan tipe ((D + R) + -an) memiliki makna ‘tak tunggal’, kemudian reduplikasi yang tergolong derivasional terdapat 11 tipe, yaitu tipe (D + R) memiliki makna intensif, tipe ((D + R) + ber-) memiliki 4 makna yaitu ‘dalam jumlah’, ‘mempunyai’, ‘dalam keadaan’, dan ‘tindakan’, tipe ((D + R) + ber-/-an) memiliki makna ‘saling’, tipe ((D + R) + meN-) memiliki makna ‘melakukan pekerjaan’ dan ‘menyatakan perasaan’, tipe ((D + R) + di-/-kan) memiliki makna ‘tindakan pasif’, tipe ((D + R) + di-) memiliki makna ‘tindakan pasif’, tipe ((D + R) + ter-) memiliki makna ‘dalam keadaan’ , tipe ((D + R) + -an) memiliki makna ‘sekedar’ dan ‘menyerupai’, tipe (D + Rperf) memiliki makna ‘kumpulan dari berbagai jenis D’, tipe ((D + R) + meN-/-kan) memiliki makna ‘iteratif’, tipe ((D + R) + se-) memiliki makna ‘menyatakan waktu’.

×
Penulis Utama : Dita Sukmawati Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214019
Tahun : 2018
Judul : Reduplikasi Nomina Bahasa Indonesia dalam Perspektif Derivasi dan Infleksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0214019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.