Penulis Utama : Muhamad Havid Abdul Azis
NIM / NIP : K3513042
×

Pendidikan sangat penting bagi kita, negara bisa maju karena orang- orangnya berpendidikan. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kualaitas pendidikan itu sendiri. Untuk mengetahui kualitas pendidkan diperlukan hasil atau prestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi adalah fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat fasilitas belajar yang ada; (3) Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pemrograman web.
Pengambilan sampel menggunakan sistem simple random sampling sebanyak 58 orang dari total populasi keseluruhan sebanyak 70 orang pada jenjang pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan quisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa kedua variabel yaitu fasilitas belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y) mempunyai pengaruh yang positif, hal ini dibuktikan dengan r = 0,277 dimana pedoman yang digunakan untuk memberikan interpretasi yang dikemukakan oleh Sugiyono berada pada interval 0,20 – 0,399 yang mana termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan oleh penulis yang mana terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan kategori rendah, maka perlu ditingkatkan efektifitas penggunaan fasilitas belajar serta dilakukan penelitian lain tentang faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa selain fasilitas belajar. Fasilitas belajar yang ada sudah dalam kondisi yang baik dan lengkap. Prestasi belajar siswa juga sudah baik dengan rata-rata nilai di atas kriteria ketuntasan minimal.

×
Penulis Utama : Muhamad Havid Abdul Azis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513042
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M. Pd.
2. Basori, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.