Penulis Utama : Fitrya Cyndi Fauziah
NIM / NIP : R0015036
×

ABSTRAK
Latar Belakang :Kemajuan dunia teknologi dapat dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan termasuk dalam penerapan K3 di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan inspeksi K3 berbasis android di perusahaan dalam pelaksanaannya dapat menjadi teratur, menyeluruh, memudahkan pengambilan dan penyimpanan data serta penghematan kertas.
Metode :Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan inspeksi berbasis android yang dilakukan pada Patroli K3, Patroli P2K3, inspeksi APAR, Hydrant, APAT, Kotak P3K dan Eyewash di PT. PJB UP Gresik.
Hasil :Pelaksanaan inspeksi K3 di PT. PJB UP Gresik dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis android bernama IZAT yang diawali dengan pembuatan daftar periksa digital, format laporan akhir, jadwal, dan pembagian area inspeksi yang disesuaikan dengan jumlah inspektor.
Simpulan :Penggunaan aplikasi IZAT dalam inspeksi K3 dapat membuat pelaksanaannya menjadi teratur dan menyeluruh karena adanya jadwal yang disesuaikan dengan area, peralatan K3 dan jumlah inspektor. Daftar periksa digital IZAT memudahkan inspektor karena tidak perlu lagi mencatat hasil inspeksi secara manual pada kertas dan tidak perlu menyalin data dalam bentuk Microsoft Excel. Hal ini menurunkan penggunaan 6.000 kertas/tahun yang seharusnya digunakan untuk mencetak daftar periksa sebelum inspeksi.
Kata kunci : Inspeksi, Android, K3

×
Penulis Utama : Fitrya Cyndi Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015036
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Implementasi Inspeksi Berbasis Android dalam Upaya Optimalisasi Penerapan K3 di Pt Pjb Up Gresik Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.