Penulis Utama : Rika Riyanto
NIM / NIP : K5614043
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik pemain futsal pelatda kota Surakarta tahun 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan metode survey. Penelitian menggunakan penelitian populasi. Sehingga subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada yaitu seluruh pemain porprov Kota Surakarta tahun 2018 yang berjumlah 17 pemain. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisi deskriptif kuantitatif dengan persentase. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) explosive power diukur menggunakan vertical jump, (2) kukuatan otot tungkai diukur menggunakan alat ukur leg and back dynamometer, (3) kecepatan diukur menggunakan tes lari 50 meter dengan menggunakan satuan detik, (4) kelincahan diukur menggunakan illinois agility run test, (5) daya tahan aerobik diukur menggunakan tes multi tahap (multi stage test) dengan satuan ml/kg/min, kemudian seluruh data dikonversikan ke dalam T-score dan dijumlahkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kondisi fisik pemain futsal pelatda Kota Surakarta tahun 2018 berada pada kategori sangat kurang baik dengan persentase sebesar 0% (0 orang), pada kategori kurang baik dengan persentase sebesar 29.41% (5 orang), pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 41.17% (7 orang), kategori baik dengan persentase sebesar 17.64% (3 orang), dan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 11.76% (2 orang). Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata, yaitu sebesar 251.87,  profil kondisi fisik pemain futsal Pelatda Kota Surakarta tahun 2018  masuk dalam kategori cukup baik.  
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kondisi fisik pemain futsal Pelatda Porprov kota Surakarta tahun 2018 adalah cukup baik.

Kata kunci: kondisi fisik, pemain futsal

 

×
Penulis Utama : Rika Riyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5614043
Tahun : 2018
Judul : Profil Kondisi Fisik Pemain Futsal (Pelatda) Porprov Kota Surakarta Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Kepelatihan Olahraga-K5614043 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustyanto, M.Pd
2. Dr. Islahuzzaman N, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.