Penulis Utama : Rasiwi Putri Maharani
NIM / NIP : C0113047
×

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana suntingan teks dari naskah Sêrat Nujum Ramal yang bersih dari kesalahan, (2) bagaimana isi ramalan dalam Sêrat Nujum Ramal.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menyajikan suntingan teks Sêrat Nujum Ramal yang bersih dari kesalahan, (2) mendeskripsikan isi ramalan dari Sêrat Nujum Ramal.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka (Library research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu naskah dan teks Sêrat Nujum Ramal dengan nomor katalog MN A 34 koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah teks naskahSêrat Nujum Ramalsecara keseluruhan, kesalahan tulisan (variant) dan isi yan terdapat pada naskah Sêrat Nujum Ramal. Teknik Pengumpulan data melalui inventarisasi, observasi, memotret nasah, memindah file foto naskah dari format RAW ke JPEG, pemindahan data ke program Microsoft Offie Picture Manager pada komputer, dan content analysis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis filologis dan analisis isi
Teknik analisis data melalui deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks disertai dengan aparat kritik dan terjemahan. Metode standar digunakan dalam penelitian Sêrat Nujum Ramal. Kemudian dilanjutkan analisis isi. Kajian isi untuk mengungkap ramalan yang ada dalam teks Sêrat Nujum Ramal.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Sêrat Nujum Ramal koleksi Perpusakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Surakarta bernomor katalog MN A 34 merupakan naskah tunggal. Terdapat varian-varian seperti lakuna, adisi, dan hiperkorek. Setelah melalui cara kerja filologi dimulai dari deskripsi naskah, kritik teks, aparat kritik hingga transliterasi, maka suntingan teks Sêrat Nujum Ramal dalam Bèndhêl Sêrat Maljunah dalam penelitian ini merupakan teks yangbersih dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. (2) Sêrat Nujum Ramal adalah naskah yang berjenis primbon/ramalan. Di dalamnya tertulis ramalan nasib seseorang dengan perhitungan menggunakan pal 12 Nabi.

×
Penulis Utama : Rasiwi Putri Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113047
Tahun : 2018
Judul : Sêrat Nujum Ramal (Suatu Tinjauan Filologis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-C0113047-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waridi Hendrosaputro, M.Si.
2. Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.