Penulis Utama : Linda Pradina Candra
NIM / NIP : K7114100
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD N Bumi II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data  yang digunakan adalah model analisis interaktif  yang mempunyai  empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan   kesimpulan.   Uji   validitas   data   menggunakan   validitas   isi   dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang termasuk dalam kategori terampil. Saat pratindakan jumlah siswa dalam kategori terampil adalah 0 siswa, pada siklus I pertemuan 1 siswa yang masuk dalam kategori terampil adalah 2 siswa atau 16,67%, siklus I pertemuan 2 siswa yang masuk kategori terampil adalah 4 siswa atau 33,33%. Siklus II pertemuan 1 siswa yang masuk dalam kategori terampil sebanyak 4 siswa atau 33,33%, pada siklus II pertemuan 2 sebanyak 9 siswa atau 75%. Siklus III pertemuan 1 mencatat jumlah siswa yang masuk kategori terampil sebanyak 10 siswa atau 83,33%, dan pada siklus  III  pertemuan  2  jumlah  siswa  yang  masuk  dalam  kategori  terampil sebanyak 11 siswa atau 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dapat meningkatkan  keterampilan  bereksperimen  siswa  kelas  IV  SD  N  Bumi  II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Linda Pradina Candra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114100
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Bereksperimen melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dalam Pembelajaran IPA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7114100-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
2. Dra. Jenny Is Poerwanti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.