Penulis Utama : Lisa Oktaviana
NIM / NIP : R0015060
×

Latar Belakang : Sebagian limbah di PT DIC Astra chemicals adalah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun B3 yang apabila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Pengelolaan limbah B3 PT DIC Astra Chemicals hanya melakukan penyimpanan sementara limbah B3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mengidentifikasi limbah B3, mengetahui pengelolaan limbah B3, dan mengetahui system tanggap darurat limbah B3 di PT DIC Astra Chemicals.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang pengelolaan limbah B3 denganobyekpenelitian yang berupa limbah Bahan Berbahaya dan Bercun (B3)di PT DIC Astra Chemicals dan ruang lingkup yang meliputi Proses PengolahanLimbah B3 di PT DIC Astra Chemicals.Pengambilan data melalui observasi, wawancara , dan studi pustaka.
Hasil : Diperoleh hasil identifikasi di PT DIC Astra Chemicals berupa limbah B3 sumber spesifikdanlimbah B3 sumber tidak spesifik. Pengelolaan limbah B3 yang dilakukan di PT DIC Astra Chemicals adalah pengemasan, pemberian simbol dan label B3, pengumpulan, penyimpanan sementara, pengangkutan, pemanfaatan, rekapitulasi dan reporting limbah B3.Sistemtanggapdaruratlimbah B3 di lengkapi SOP bila terjadi tumpahan serta diadakan pelatihan dan simulasi keadaan darurat tumpahan limbah B3.
Simpulan : Pengelolaan limbah B3 di PT DIC Astra Chemicals sebagian besar sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Namun masih ada beberapa proses dan sarana yang perlu diperbaiki agar pengelolaan limbah B3 di PT DIC Astra Chemicals yang sudah berjalan dapat menjadi lebih baik dan tidak mencemari lingkungan.
Kata Kunci: Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)Pencemaran Lingkungan

×
Penulis Utama : Lisa Oktaviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015060
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) untuk Mencegah Pencemaran Lingkungan di Pt Dic Astra Chemicals Jakarta Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015060-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Triyono Sutanto
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.