Penulis Utama : Proborini
NIM / NIP : K7114130
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbasis Outdoor Study pada siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan persentase klasikal keterampilan menulis puisi siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta pada prasiklus adalah sebesar 29,73%, siklus I sebesar 54,05% dan pada  siklus II menjadi  89,19%. 
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbasis Outdoor Study dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Proborini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114130
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbasis Outdoor Study
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7114130-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Dra. Lies Lestari, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.