Penulis Utama : Novelita E. R. L
NIM / NIP : R0015070
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Perkembangan industri dituntut untuk mengikuti dan secara mandiri menuju era industrialisasi. Di beberapa industri di Indonesia menggunakan tangki penyimpanan sebagai wadah untuk menyimpan bahan baku maupun produk yang sudah jadi termasuk di industri kimia. Sehingga diperlukan untuk melakukan evaluasi sistem pengendalian bahaya pada fasilitas Tank farm agar dapat mengetahui apakah proteksi bahaya untuk kebakaran dan bahaya lainnya telah dilakukan dengan maksimal atau belum karena berhubungan dengan keselamatan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengevaluasi Sistem Pengendalian Bahaya Pada Fasilitas Tank Farm System di PT Clariant Indonesia Tangerang, Banten. 
Metode: Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yaitu dimana penelitian tersebut bersifat memberikan gambaran, deskripsi atau lukisan sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki tentang tank farm di lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, penilaian, dan studi kepustakaan. Kemudian data dibahas dengan membandingkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
Hasil: Tank farm flammable merupakan salah satu yang berpotensi menyebabkan kebakaran dan bahaya lain di perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan melakukan pengendalian bahaya terhadap tank farm dengan sarana proteksi di sekitar area tank farm seperti sarana proteksi kebakaran. Kemudian dilakukan pemeriksaan secara berkala pada tank farm baik preventive maintenance ataupun SAMACO dilakukan oleh Departemen Engineering. Kemudian dilakukan Evaluasi Risk Assessment untuk mengetahui apakah pengendalian bahaya yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Sehingga dapat di rencanakan kembali untuk kesempurnaan pengendalian bahaya tank farm dengan tujuan meningkatkan keselamatan kerja di perusahaan. Simpulan: Perusahaan telah melaksanakan risk assessment terhadap tank farm flammable. Pengendalian bahaya yang dilakukan sudah berjalan dengan baik dan sarana proteksi tank farm yang disediakan sudah memenuhi standard yang berlaku di Indonesia.
Kata Kunci: Tank farm Flammable, Sistem proteksi kebakaran, Risk Assessment.

×
Penulis Utama : Novelita E. R. L
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015070
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Sistem Pengendalian Bahaya pada Fasilitas Tank Farm System di Pt Clariant Indonesia Tangerang, Banten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015070-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.