Penulis Utama : Vina Murtisari
NIM / NIP : F3415071
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstensifikasi dan pengaruhnya dalam meningkatkan penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo pada tahun 2015 – 2017, serta mengetahui upaya yang tepat dilaksanakannya kegiatan ekstensifikasi di Kantor Pelayanan Pajak Sukoharjo.  

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan analisis data. Wawancara dilakukan dengan bertanya langsung kepada petugas ekstensifikasi, dan analisis data dilakukan dengan menganalisi data mengenai Kegiatan Ekstensifikasi di Kantor Pelayanan Pajak Sukoharjo. 

Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi serta badan bertambah setiap tahunnya yang diikuti pula dengan kenaikan pada penerimaan dalam kegiatan ekstensifikasi, serta penerimaan keseluruhan di Kantor Pelayanan Pajak Sukoharjo. Penerimaan dalam kegiatan ekstensifikasi tertinggi terjadi pada tahun 2016, yakni mengalami kenaikan sebesar 64,44 % dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan karena adanya program Tax Amnesty, yang membuat Wajib Pajak ingin mendaftarkan diri ke Kantor Pajak dan mendapatkan NPWP. Namun, untuk pelaksanaan kegiatan ekstensifikasi pada tahun 2017, belum dapat dikatakan berhasil, karena tidak diikuti kenaikan yang cukup signifikan seperti tahun sebelumnya. Sedangkan dalam penerimaan keseluruhan di KPP Pratama Sukoharjo, kenaikan tertinggi juga terjadi pada tahun 2016, yakni mengalami kenaikan sebesar 13,97 %.  

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis memberikan saran kepada KPP Pratama Sukoharjo untuk meningkatkan kerja sama internal serta pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan ekstensifikasi agar penerimaan pajak dapat meningkat. 

Kata kunci : Kegiatan Ekstensifikasi, Penerimaan Pajak 

×
Penulis Utama : Vina Murtisari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3415071
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kegiatan Ekstensifikasi Wajib Pajak dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak di Kpp Sukoharjo (Tahun 2015 – 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEBStudi Diploma III Perpajakan-F3415071-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati S.E., M.M.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.