Penulis Utama : Fita Fiana Maylani
NIM / NIP : E0014164
×

ABSTRAK
Fita Fiana Maylani. 2018. E0014164. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUDUS NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI TERMINAL (STUDI TERHADAP RETRIBUSI TERMINAL TIPE C). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 tentang Retribusi Terminal. Mengenai efektifitas penarikan retribusi dalam kaitannya dengan pendapatan asli daerah (PAD)  serta adanya hambatan pada saat pelaksanaan implementasi Peraturan Daerah (Perda) tersebut. Adanya hambatan yang ditemukan maka tentunya harus ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat empiris. Sumber data primer yang digunakan diperoleh berdasarkan penelitian di Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus. Penelitian dilakukan terhadap pengelolaan penarikan retibusi tipe c sebagai Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Retribusi Terminal. Pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan guna mendapatkan data primer dan studi pustaka guna mendapatkan data sekunder sebagai landasan teori yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan mengenai Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 tentang Retribusi Terminal sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus.Berdasarkan mekanisme pelaksanaan sudah sesuai dengan peraturan hanya saja ada sebagian yang tidak memenuhi target karena banyaknya kendaraan pribadi sehingga berkurang kendaraan umum yang beroperasi dan peran serta masyarakat yang dirasa belum maksimal serta kurang efektifnya pemberian sanksi bagi pelanggar dalam hal retribusi terminal di Kabupaten Kudus. Keberhasilan implementasi tersebut di akibatkan oleh adanya faktor pendukung dan penghambat.

Kata Kunci : Peraturan Daerah, Retribusi Terminal, PAD.

 

×
Penulis Utama : Fita Fiana Maylani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014164
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Retribusi Terminal (Studi Terhadap Retribusi Terminal Tipe C)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0014164-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sunny Ummul Firdaus, S.H., M.H
2. Adriana Grahani Firdausy, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.