Penulis Utama : Firman
NIM / NIP : S991508010
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian  ini adalah  untuk 1) mengembangkan dan menghasilkan modul pelajaran ekonomi berbasis saintifik yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi dan  pengelolaannya. 2) menguji keefektifan modul pelajaran ekonomi berbasis saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA.  
Metode yang digunakan dalam  mengembangkan modul pelajaran ekonomi berbasis saintifik adalah  tahap dan  model pengembangan Borg and Gall yaitu research and development (R&D) yang terdiri dari sepuluh langkah dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. Sasaran penelitian  ini adalah  SMA Negeri 1 Natal. Uji lapangan operasional menggunakan  desain pretest – postest control group design. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan hasil tes belajar siswa di analisis dengan menggunakan uji t-test (independent samples test).
Hasil penelitian disimpukan bahwa: 1) modul pelajaran ekonomi berbasis saintifik berhasil dikembangkan dengan baik berdasarkan hasil validasi yakni: ahli materi 93,81%, ahli bahasa 92,5%, ahli media 90,2%, praktisi 99,01% hasil uji coba kelompok kecil 88,42% dengan kriteria sangat baik. 2) keefektifan modul pelajaran ekonomi berbasis saintifik berdasarkan hasil belajar siswa menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah menggunakan modul yang dikembangkan sebesar 85,00 dari sebelumnya sebesar 65,00. Dan kelas control memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,00 dari sebelumnya 66,00. Nilai tersebut menunjukan bahwa modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.

Kata kunci: Modul ekonomi, pendekatan saintifik, koperasi

 

×
Penulis Utama : Firman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508010
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul Pelajaran Ekonomi dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa di Sma Negeri I Natal Mandailing Natal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Pendidikan Ekonomi -S991508010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.,
2. Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.