Penulis Utama : Laras Aulia Pramesti
NIM / NIP : F3215034
×

ABSTRAK
Strategi penetration pricing merupakan strategi penetapan harga dengan menetapkan harga serendah-rendahnya agar menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan tujuan mengenalkan produk S-tee yang beberapa tahun ini mengalami penurunan, menjadi kembali bangkit dengan strategi penetration pricing. Selain penetapan harga yang rendah, ‘tag line’ pada produk S-tee adalah less sugar. Penelitian dilakukan agar mengingatkan dan membuat mindset pada konsumen mengenai produk S-tee yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi penetration pricing berpengaruh pada peningkatan penjualan pada PT. Sinar Sosro KP 2 Solo.
Peneitian ini merupakan penelitian deskriptive, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Peneliti melakukan penelitian di kantor PT. Sinar Sosro KP 2 Solo selama kurang lebih satu bulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Sinar Sosro KP 2 Solo ini telah melakukan beberapa strategi dalam menjalankan kegiatan penjualan. Strategi tersebut diantaranya Strategi bundling, diskon dan juga penetration pricing. Secara keseluruhan PT. Sinar Sosro KP 2 Solo melakukan strategi tersebut dengan penuh perhitungan yang baik. Tetapi, banyak dari strategi yang dilakukan dinilai kurang efektif serta efisien. Bundling dilakukan dengan cara penggabungan 2 atau lebih produk lalu dijual dengan harga yang sama. Sedangkan diskon, hanya bisa ditetapkan pada moment atau keadaan tertentu yang mendukung untuk diadakannya diskon. Cara yang paling tepat diambil pada penetration pricing terutama pada produk S-tee yang hampir tidak ada konsumen. Penjualan jugan dilakukan pada tempat-tampat yang strategis seperti Car Free Day, Event sekolah, maupun lomba yang digelar oleh pihak tertentu.
Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil bahwa penerapan strategi penetration pricing pada produk S-tee sudah ada kemajuan dalam hal peningkatan penjualan. Dan tetap bertahan pada harga rendah namun banyak konsumen serta tidak merugikan perusahaan
Kata kunci: Strategi penetration pricing, tag line produk S-tee, Strategi Bundling, Diskon, Penerapan Strategi Penetration Pricing.

 

 

×
Penulis Utama : Laras Aulia Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215034
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Strategi Penetration Pricing pada Produk Teh Kemasan Sosro Varian S-Tee
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi D III Manajemen Pemasaran- F3215034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amina Sukma Dewi, S.E, M.Sc,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.