Penulis Utama : Nabilah Ika Remayang Putri
NIM / NIP : F3215042
×

ABSTRAK
Persaingan industri minuman teh dalam kemasan atau ready to drink di Indonesia semakin meningkat. Masing-masing perusahaan perlu menerapkan berbagai strategi agar produk yang diciptakan dapat dikenal oleh masyarakat luas dan tertuju pada segmen yang tepat. Maka dari itu, promosi dapat dilakukan guna memberikan informasi, mengembangkan keinginan konsumen untuk membeli, dan mempertahankan produk di tengah persaingan yang semakin ketat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi yang diterapkan oleh PT. Sinar Sosro KP Solo 2 pada produk Teh Botol Tawar dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan promosi. Penulis menggunakan analisis deskriptif dalam melakukan penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara dengan pihak yang terkait, yaitu staff administrasi dan staff penjualan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa PT. Sinar Sosro KP Solo 2 menerapkan empat bauran promosi pada produk Teh Botol Tawar, yaitu personal selling, advertising, sales promotion, dan public relation. Penentuan variabel bauran promosi yang diterapkan ditentukan oleh jumlah dana, sifat pasar yang meliputi luas geografi pasar dan konsentrasi pasar, jenis pelanggan, jenis produk, serta siklus kehidupan produk. Sebagai pelopor minuman teh ready to drink, Sosro telah dikenal baik oleh masyarakat luas yang dapat menjadi faktor pendukung dalam melakukan promosi. Namun, sumber daya manusia pada PT. Sinar Sosro KP Solo 2 dapat menjadi faktor penghambat apabila masing-masing karyawan tidak berusaha atau bekerja secara maksimal.
Penulis memberikan saran untuk PT. Sinar Sosro KP Solo 2 agar lebih meningkatkan promosi melalui media periklanan, seperti membuat billboard dan memasangnya di pusat kota, memasang iklan di berbagai surat kabar, serta menggunakan media sosial. Selain itu, PT. Sinar Sosro KP Solo 2 harus memaksimalkan sumber daya manusia yang ada untuk mencapai tujuan dari setiap variabel promosi yang diterapkan.

Kata kunci: promosi, bauran promosi

 

×
Penulis Utama : Nabilah Ika Remayang Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215042
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Bauran Promosi PT. Sinar Sosro Kp Solo 2 dalam Memperkenalkan Produk Teh Botol Tawar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisinis, Prog. Studi DIII Manajemen Pemasaran- F3215042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amina Sukma Dewi, S.E., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.