Penulis Utama : Nina Riz’qi Utami
NIM / NIP : F3215043
×

ABSTRAK
Dalam perusahaan perbankan implementasi relationship marketing sangat diutamakan untuk kelangsungan masa depan perusahaan. Implementasi relationship marketing memberikan banyak keuntungan diantaranya dapat menciptakan keselarasan, ketergantungan, serta kepercayaan antara perusahaan dengan nasabah. Relationship marketing di perusahaan perbankan dapat dilakukan melalui customer service yang memiliki peran besar untuk berhubungan langsung dengan nasabah.
Penelitian ini dilakukan di BRI Unit Nusukan. Tujuan penelitian ini adalah  : 1) Untuk menjelaskan implementasi relationship marketing pada customer service di BRI Unit Nusukan, 2) Untuk memberikan solusi bagi perusahaan terhadap kendala dalam implementasi relationship marketing pada customer service di BRI Unit Nusukan.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara kepada staf customer service BRI Unit Nusukan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa implementasi relationship marketing dapat terjalin berdasarkan beberapa ukuran customer relationship marketing diantaranya yaitu fokus nasabah jangka panjang, membuat komunikasi dengan nasabah, melibatkan organisasi anggota dalam aktifitas pemasaran, implementasi proses interaksi pemasaran, mengembangkan budaya pelayanan untuk nasabah, dan memperoleh dan menggunakan informasi nasabah.

Kata Kunci : relationship marketing, customer service.

 

×
Penulis Utama : Nina Riz’qi Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215043
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Relationship Marketing Pada Customer Service (Studi Kasus : Bank Bri Unit Nusukan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi D III Manajemen Pemasaran- F3215043-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, SE., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.