Penulis Utama : Alfathan Adhi Setya P
NIM / NIP : I8715004
×

ABSTRAK


Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat mengakibatkan kebutuhan akan air bersih yang mengalami peningkatan, air bersih mengalami penurunan produksi setiap tahunnya dan perlunya menambah sumber air agar kebutuhan air akan datang dapat tercukupi untuk mnegantisipasi kelangkaan air. Kehidupan masyarakat terhadap   konsumsi air yang tidak dapat terkontrol dapat mengakibatkan pemborosan terhadap air. Di daerah Kec.Serengan, PDAM baru dapat melayani cakupan  air  sebesar 38,38% maka dari  itu  perlu  dilakukan  penelitian  tentang kebutuhan air dimasa yang akan datang.

Jenis Penelitian ini adalah deskripif evaluatif. Studi untuk mengetahui produksi dan kebutuhan air dari PDAM di Kec.Serengan pada tahun 2028. Juga untuk mengetahui kehidupan masyarakat terhadap konsumsi air. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah jumlah penduduk, jumlah kepala keluarga di Kec.Serengan tiap kelurahan, data debit air , biaya yang di butuhkan untuk pemasangan water meter, pembacaan water meter, jumlah dan klasifikasi pelanggan menurut PDAM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahun 2028 terjadi kenaikan penduduk disertai dengan kebutuhan air. Diperlukan 126,43 l/dt agar dapat memenuhi 80% cakupan layanan. Konsumsi masyarakat cenderung melebihi batas konsumsi untuk kota kecil yaitu 130 l/org/hr. Pemasangan water meter untuk panjang pipa 14m adalah Rp2.000.000, harga dapat berubah tergantung panjang pipa induk ke rumah konsumen.


Kata Kunci : Pertumbuhan, Kebutuhan, Penduduk, Air, Kelangkaan, Kenaikan

 

×
Penulis Utama : Alfathan Adhi Setya P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8715004
Tahun : 2018
Judul : Proyeksi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kecamatan Serengan Pelanggan Pdam Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Prog. Studi DIII Teknik Sipil - I8715004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.