Penulis Utama : Alvian Yoga Setyabudi
NIM / NIP : B3215006
×

ABSTRAK

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengoptimalisasi Potensi Wisata Taman Wijaya Kusuma Sonorejo di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu Upaya apa saja untuk mengoptimalisasi Potensi Wisata Taman Wijaya Kusuma Sonorejo, Bagaimana Kendala – kendala dalam upaya optimalisasi dan bagaimana solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala.

Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Pengoptimalisasi Potensi Wisata Taman Wijaya Kusuma Sonorejo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara yaitu melakukan Tanya jawab secara langsung kepada pihak yang terkait dalam hal ini adalah Unit Pertamanan dan Pemakaman Daerah Kabupaten Sukoharjo sebagai pihak pengelola, studi pustaka,dan studi dokumen yang berkaitan dengan penulisan laporan ini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Taman Wijaya Kusuma Sonorejo memiliki potensi wisata berupa Taman Bunga yang dihiasi oleh tanaman – tanaman yang menarik, wahana permainan anak yang bermacam – macam, gardu pandang yang dapat di nikmati untuk melihat daerah Kabupaten Sukoharjo dari ketinggian, arena motorcross untuk pecinta otomotif. Upaya – upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan potensi wisata Taman Wijaya Kusuma Sonorejo dengan merencanakan optimalisasi baru setiap tahunnya, menambah fasilitas – faslitas publik, sarana dan prasarana untuk menunjang kenyamanan wisatawan, penambahan personil untuk pemeliharaan taman, penambahan personil untuk keamanan, melakukan sosialisasi sadar wisata kepada msyarakat. Dalam pengoptimalan Taman Wijaya Kusuma Sonorejo terdapat kendala – kendala yang dihadapi antara lain tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap sadar wisata, seperti vandalisme dan pencurian sarana pendukung, minimnya anggaran dana untuk pengoptimalan, struktur tanah yang labil di daerah tersebut.

Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Taman Wijaya Kusuma Sonorejo memiliki potensi wisata yang beragam. Upaya pengoptimalan yang terus dilakukan oleh pengelola secara bertahap untuk menjadikan Taman Wijaya Kusuma Sonorejo sebagai tempat tujuan wisata yang aman dan nyaman. Terdapat kendala –  kendala dalam pengoptimalan yang diharapkan dapat diatasi untuk mengoptimalkan potensiwisata Taman Wijaya Kusuma Sonorejo.

Kata kunci : Pengoptimalan, potensi wisata, taman kota, Taman Wijaya Kusuma

 

×
Penulis Utama : Alvian Yoga Setyabudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215006
Tahun : 2018
Judul : Pengoptimalisasi Potensi Wisata Taman Wijaya Kusuma Sonorejo di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3215006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deria Adi Wijaya, S.ST, M.Sc.
2. Nanang Wijayanto, S.ST, M.Par.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.