Penulis Utama : Dita Maulinda
NIM / NIP : R0214029
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Pengetahuan kecelakaan kerja akan meminimalisir terjadinya unsafe action, dengan terminimalisirnya unsafe action maka akan menciptakan perilaku kerja aman pada karyawan. Hasil survei kepada 10 pekerja bagian produksi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Sragen sebesar 80% memiliki tingkat pengetahuan tentang kecelakaan kerja baik dan didapatkan fenomena kurangnya kesadaran berperilaku aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuaan kecelakaan kerja dengan perilaku kerja aman pada karyawan bagian produksi di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Sragen.


Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan  cross  sectional,  populasi  berjumlah 83  orang dan  diambil  sampel sebanyak   46 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dan kuisioner pengetahuan kecelakaan kerja serta kuisioner perilaku kerja aman. Uji statistik yang digunakan adalah Spearman dengan menggunakan SPSS 23.00.


Hasil:  Hasil dari penelitian berdasarkan uji spearman didapatkan hasil p value =
0,000 dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% yang berarti sangat signifikan, sedangkan nilai korelasinya adalah rs = 0,824 dengan arah korelasi positif yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara pengetahuan kecelakaan kerja dengan perilaku kerja aman, dimana semakin tinggi tingkat pengetahuan kecelakaan kerja maka semakin tinggi pula perilaku kerja amannya.


Simpulan: Berdasarkan hasil dapat disimpulkan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pengetahuan kecelakaan kerja dengan perilaku kerja aman pada karyawan bagian produksi. Dengan demikian perusahaan diharapkan dapat meningkatkan aspek keselamatan dan kesehatan kerjanya.


Kata Kunci: P Pengetahuan kecelakaan kerja, perilaku kerja Aman.

 

 

×
Penulis Utama : Dita Maulinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214029
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Pengetahun Kecelakaan Kerja dengan Perilaku Kerja Aman pada Karyawan Bagian Produksi di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedoketeran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R0214029-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tutug Bolet Atmojo, S.KM.,M.Si
2. Yulia Sari, S.Si.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.