Penulis Utama : Bhima Panji Abara
NIM / NIP : D0214025
×

Penggunaan internet khususnya media sosial kini sudah menjadi kebutuhan setiap individu untuk bertukar informasi. Salah satu aplikasi media sosial yang marak digunakan adalah Whatsapp. Whatsapp menyediakan fitur mulai teks, gambar, suara, angka, maupun audio visual yang dapat diakses dengan cepat. Salah satu fitur utamanya adalah group chat yang memungkinan para pengguna untuk berinteraksi dengan dalam sebuah kelompok. Berbagai kelebihan fitur Whatsapp, menjadikan aplikasi  ini  menjadi  media utama  komunikasi  bagi  pekerja,  salah satunya driver Go-Jek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi pemanfaatan group chat Whatsapp dan hubungan antara penggunaan group chat Whatsapp dengan kepuasan penggunanya yaitu kalangan driver Go-Jek. Studi ini menggunakan pendekatan Uses and Gratification model Katz, Blumler, dan Gurevitch. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, dengan menggunakan kuesioner online sebagai alat pengumpul data. Penelitian dilaksanakan di pada anggota komunitas Mitra Go-Jek Soloraya F yang berjumlah
256 driver. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berjumlah 156 responden. Analisis data menggunakan metode korelasi Tata Jenjang Spearman.
Hasil penelitian ini adalah hubungan antara motivasi pemanfaatan fitur group chat Whatsapp dan penggunaan fitur group chat Whatsapp diperoleh nilai rs sebesar 0,220 yang berarti mempunyai hubungan rendah, sedangkan hubungan antara penggunaan fitur group chat Whatsapp dengan kepuasan penggunaan fitur group chat Whatsapp diperoleh nilai rs  sebesar 0,258 yang berarti mempunyai hubungan rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepuasan penggunaan fitur group chat Whatsapp oleh driver tidak selalu bergantung pada penggunaannya.

 

×
Penulis Utama : Bhima Panji Abara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214025
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Media Sosial Whatsapp Di Kalangan Driver Go-Jek (Studi Korelasi Motivasi Pemanfaatan Fitur Group Chat dan Penggunaan Fitur Group Chat Whatsapp terhadap Kepuasan atas Fitur Group Chat Whatsapp oleh Driver Go-Jek dalam Komunitas “Mitra Go-Jek Soloraya F”)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D 0214025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto S.U
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.