Penulis Utama : Himmah Nur Hayati
NIM / NIP : H0814056
×

Kegiatan budidaya adalah kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar adalah salah satu daerah yang banyak membudidayakan ayam broiler. Karakter usaha ini terkenal menghadapi berbagai ketidakpastian. Inilah yang mendorong peneliti untuk meneliti analisis usaha ternak ayam broiler di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, Keuntungan, profitabilitas, break even point, efisiensi dan risiko usaha ternak ayam broiler di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.
Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan teknik studi kasus. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Responden dikumpulkan dengan metode sample kuota  dengan jumlah peternak berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan pada Bulan Juni-Juli 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder sebagai data pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pencatatan. Metode analisis data yaitu dengan metode analisis biaya, penerimaan, keuntungan, profitabilitas, break even point, efisiensi dan risiko usaha.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa pada Bulan Juni-Juli 2018 rata-rata umur pemeliharaan yaitu 35 hari dan rata-rata skala pemeliharaan 5070 ekor. Rata-rata total biaya yang dikeluarkan oleh peternak ayam broiler sebesar Rp 124.291.091,- /siklus panen. Penerimaan rata-rata per bulan yang diperoleh adalah Rp 165.114.558,-. Keuntungan yang diperoleh pada Bulan Juni-Juli 2018 adalah Rp 40.823.467,- Profitabilitas usaha ternak ayam broiler ini adalah 32,85%. Karakter usaha ternak ayam broiler di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar ini memiliki nilai profitabilitas lebih dari 0 yang menunjukkan bahwa bisnis tersebut menguntungkan dan layak untuk dijalankan. BEP berdasarkan produksi usaha ternak ayam broiler sebesar 1.665,1 kg. BEP berdasarkan harga usaha ternak ayam broiler sebesar Rp 13.489,- per kg. Efisiensi usaha ternak ayam broiler adalah sebesar 1,32. Nilai koefisien variasi sebesar 0,09 dengan batas bawah laba (L) sebesar Rp 33.875.521,-. Nilai koefisien variasi kurang dari 0,5 dan nilai batas bawah laba lebih dari 0 (positif) menunjukkan bahwa usaha ternak ayam broiler di Kabupaten Karanganyar adalah terhindar dari peluang kerugian.

 

×
Penulis Utama : Himmah Nur Hayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814056
Tahun : 2018
Judul : Analisis Usaha Ternak Ayam Broiler Kemitraan Di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agribisnis-H 0814056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Isti Khomah SP, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.