Penulis Utama : Ananda Veronka
NIM / NIP : F3415007
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi dan laju pertumbuhan BPHTB,  hambatan   yang  dihadapi  oleh  BPPKAD,  dan  upaya-upaya  yang dilakukan oleh BPPKAD dalam meningkatkan penerimaan BPHTB.

Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Penulis melakukan  pengamatan  terhadap  proses  pemungutan  BPHTB  dan  melakukan tanya jawab dengan staff BPPKAD Kota Surakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontribusi tertinggi pada tahun

2017 sebesar 24,5% dan terendah pada tahun 2014 dan 2016 sebesar 14,5%. Tingkat laju pertumbuhan tertinggi pada tahun 2017 sebesar 33,61% dan terendah pada tahun 2014 sebesar -4,59%. Adapun hambatan yang dihadapi oleh BPPKAD dalam meningkatkan penerimaan pajak adalah NJOP yang terlalu rendah  dari harga pasar dan ketidakaakuratan data BPHTB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kontribusi dan laju pertumbuhan dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi karena daya beli masyarakat terhadap transasksi jual beli tanah tidak dapat diprediksi.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan beberapa rekomendasi yaitu BPPKAD Kota Surakarta menjalin kerjasama yang baik dengan beberapa pihak untuk meningkatkan penerimaan BPHTB, meninjau regulasi BPHTB, dan melakukan penelitian survey lapangan secara lebih aktif dan berkala.

Kata Kunci: BPHTB, kontribusi, laju pertumbuhan.

×
Penulis Utama : Ananda Veronka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3415007
Tahun : 2018
Judul : Analisis Penerimaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta (Tahun 2013-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program DIII Jurusan Perpajakan-F3415007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati S.E., M.M., Ak.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp Unpublished
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.