Penulis Utama : Immanuela Rahmahanani Suci
NIM / NIP : B3315009
×

Abstrak

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mind mapping yang diterapkan dalam pelajaran bahasa Mandarin kelas VII di SMP Widya Wacana 1 Surakarta, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode mind mapping.

Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Penulis mengamati secara langsung proses pembelajaran di SMP Widya Wacana 1 Surakarta, mencari referensi dari berbagai sumber pustaka dalam bentuk buku, jurnal, dan e-book, serta melakukan dokumentasi dalam bentuk foto.

Hasil praktik kerja lapangan ini menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa  kelas  VII  SMP  Widya Wacana 1 Surakarta yang ditunjukkan dengan kenaikan nilai rata-rata siswa dari
67 sebelum diterapkannya metode mind mapping menjadi 74 sesudah metode mind mapping diterapkan. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping sangat efektif diterapkan dalam pelajaran bahasa Mandarin di SMP Widya Wacana 1 Surakarta.

Kata Kunci : efektivitas belajar, metode mind mapping, pelajaran bahasa Mandarin

 

×
Penulis Utama : Immanuela Rahmahanani Suci
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3315009
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Pelajaran Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas VII SMP Widya Wacana 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. DIII Bahasa Mandarin-B3315009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.