Penulis Utama : Novera Larasati Devi
NIM / NIP : F3415053
×

ABSTRAK


Penelitian ini membahas tentang evaluasi sistem e-Billing di KPP Pratama Sukoharjo. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem e-Billing di KPP Pratama Sukoharjo sudah berjalan dengan baik dibandingkan dengan sistem sebelumnya yang masih menggunakan SSP manual. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dari sistem e-Billing dan upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh KPP Pratama Sukoharjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskiptif kualitatif yang menjelaskan tentang perbandingan kedua sistem penyetoran pajak dengan menggunakan indikator sistem yang baik. Sample dalam penelitian ini yaitu Wajib Pajak dan Pegawai KPP Pratama Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner dan kepustakaan.

Hasil dari penelitian berdasarkan indikator sistem yang baik menunjukkan bahwa  sistem  e-Billing  di  KPP  Pratama  Sukoharjo  lebih  baik  dibandingkan dengan sistem manual yang menggunakan Surat Setoran Pajak. meskipun ada beberapa  aspek  yang masih  kurang  seperti  sistem  yang terkadang mengalami down,  namun  KPP  Pratama  Sukoharjo  terus  memberikan  pelayanan  terbaik kepada Wajib Pajak.

Penerapan sistem e-Billing hampir memenuhi kriteria sistem yang baik, namun masih ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini, sebaiknya DJP dapat meningkatkan kualitas sistem e-Billing sehingga dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi.

Kata Kunci : E-Billing, Sistem yang Baik

 

 

×
Penulis Utama : Novera Larasati Devi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3415053
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Sistem E-Billing di Kpp Pratama Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Perpajakan - F3415053 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andi Asri Hapsari SE, M.Sc, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.