Penulis Utama : Sri Handayani
NIM / NIP : C0913045
×

Latar belakang Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan desain motif batik Wonosobo dengan sumber ide tanaman carica yang akan difungsikan sebagai tekstil pakaian. Pemilihan visual motif batik dengan sumber ide tanaman carica dipadukan dengan motif awan dan embun karena merupakan penggambaran keadaan lingkungan alam kota Wonosobo yang dingin dan sejuk. Visual dari tanaman carica dibuat dengan penggayaan stilasi dan dekoratif.

Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah memenuhi kebutuhan batik  khususnya  daerah  Wonosobo  dengan  menampilkan  kekhasan  daerah tersebut. Tujuan lain dari perancangan ini adalah memberikan masukan dan inspirasi kepada pengrajin batik khususnya Kota Wonosobo.

Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan adalah metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yaiti metode perancangan, konsep perancangan, dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahap analisa permasalahan, strategi   pemecahan masalah, pengumpulan data, serta ekplorasi visual  motif.  Konsep perancangan  meliputi  landasan  pemikiran  untuk perancangan desain Tugas Akhir. Visualisasi yaitu tahapan memvisualisasikan konsep perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil  perancangan  Tugas    Akhir  yang  berjudul  Pengembangan  Motif Batik  Wonosobo  dengan  Sumber  Ide  Tanaman  Carica  menghasilkan  delapan desain yang semuanya merupakan desain batik yang menampilkan tanaman carica sebagai motif utama. Keseluruhan desain mengolah bentuk tanaman carica mulai dari buah, daun, batang, bunga serta biji carica. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah teknik batik tulis. Teknik pewarnaan dengan cara dicolet dan dicelup dengan menggunakan zat warna remasol dan napthol. Dalam perancangan ini  menghasilkan 3 desain yang direalisasikan

 

×
Penulis Utama : Sri Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913045
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Motif Batik Wonosobo Dengan Sumber Ide Tanaman Carica
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa Dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Seni Rupa Dan Desain-Prodi Kriya Tekstil-C 0913045-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Darwoto, S.Sn, M.Sn
2. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.