Penulis Utama : Auriska Mahargarini Putri
NIM / NIP : C0113012
×

ABSTRAK

 

Permasalahan  yang dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah  :  (1) Bagaimanakah analisis tekstual dalam naskah sandiwara berbahasa Jawa Endang Banowati? dan (2) Bagaimanakah analisis kontekstual dalam naskah sandiwara berbahasa Jawa Endang Banowati?

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan analisis tekstual dalam naskah sandiwara berbahasa Jawa Endang Banowati, dan (2) mendeskripsikan analisis kontekstual dalam naskah sandiwara berbahasa Jawa Endang Banowati.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data tulis yang berwujud kalimat dalam naskah sandiwara bahasa Jawa yang di dalamnya terdapat bentuk tekstual wacana yaitu aspek gramatikal dan aspek leksikal serta bentuk kontekstual wacana yaitu bentuk prinsip penafsiran, prinsip analogi, dan inferensi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  naskah  sandiwara  berbahasa  Jawa  Endang  Banowati  karya  Kusuma Danang Jaya, SE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat. Metode analisis data  yang digunakan  adalah metode agih  dan metode padan. Metode agih dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL),  sedangkan  metode padan  yaitu  dengan  menggunakan  teknik pilah unsur penentu (PUP). Adapun hasil penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Analisis  tekstual  dalam  naskah  sandiwara  berbahasa  Jawa  Endang  Banowati berupa aspek gramatikal yang terdiri dari pengacuan (referensi), penyulihan (subtitusi), pelesapan (elipsis) dan perangkaian (konjungsi); serta aspek leksikal yang terdiri dari pengulangan (repetisi), padan kata (sinonimi), lawan kata (antonimi), kesepadanan (ekuivalensi), sanding kata (kolokasi), dan hubungan atas bawah (hiponimi). (2) Analisis kontekstual yang terdapat dalam naskah sandiwara berbahasa Jawa Endang Banowati terdiri dari berbagai prinsip penafsiran, yaitu prinsip penafsiran persona, prinsip penafsiran lokasi, prinsip penafsiran temporal, dan  prinsip  analogi.  Berbagai  prinsip  tersebut  digunakan  untuk  pemahaman makna dalam wacana melalui inferensi.


Kata kunci: analisis, tekstual, kontekstual, sandiwara.

 

 

×
Penulis Utama : Auriska Mahargarini Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113012
Tahun : 2018
Judul : Analisis Tekstual dan Kontekstual Naskah Sandiwara Berbahasa Jawa Endang Banowati Karya Kusuma Danang Jaya, S.E. (Suatu Kajian Wacana)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah - C0113012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
2. Drs. Sujono, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.