Penulis Utama : Latifah Fitriyani
NIM / NIP : C0114034
×

ABSTRAK


Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) struktur yang membangun cerkak karya Irul S Budianto  yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi) dalam cerkak karya Irul S Budianto, (2) nilai moral yang terdapat dalam cerkak karya Irul S Budianto, (3) kondisi sosial yang terdapat dalam cerkak karya Irul S Budianto, (4) pendekatan ekstrinsik oleh Rene Wellek dan Austin : sastra dan masyarakat.

Tujuan  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  :  (1)  unsur-unsur  struktur  meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi) dalam cerkak karya Irul S Budianto, (2)nilai moral yang terdapat dalam cerkak karya Irul S Budianto,(3) kondisi sosial yang terdapat dalam cerkak karya Irul S Budianto,(4) pendekatan ekstrinsik oleh Rene Wellek dan Austin : sastra dan masyarakat.

Landasan  teori  yaitu  cerkak,  pendekatan struktural  Robert  Stanton,  nilai,  hakikat moral, nilai moral, sosiologi sastra, pendekatan ekstrinsik oleh Rene Wellek dan Austin : sastra dan masyarakat. Data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu struktur intrinsik seperti fakta-fakta cerita, tema, dan sarana-sarana sastra, dan data sekunder  yaitu  data  atau  keterangan  dari  buku-buku,  foto,  HP,  foto  pengarang. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu unsur-unsur intrinsik yang ada cerkak karya Irul S Budianto dan sumber data sekunder yaitu dari buku-buku, foto, HP, foto pengarang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik analisis isi dan teknik wawancara, teknik analisis data yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif, data-data yang dikumpulkan berwujud kata-kata bukan angka. Penelitian ini akan menganalisis kelima cerkak karya Irul S Budianto dengan membongkar unsur struktural dari Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita yang meliputi alur, karakter, latar, tema, serta sarana-sarana sastra yang meliputi judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi. Nilai moral yang terdapat dalam kelima cerkak karya Irul S Budianto, dan kondisi sosial yang terdapat dalam kelima cerkak karya Irul S Budianto, serta pendekatan ekstrinsik oleh Rene Wellek dan Austin : sastra dan masyarakat.

Analisis ini dapat ditarik kesimpulan, yaitu (1) ditinjau dari segi struktural, cerkak karya Irul S Budianto menunjukkan adanya hubungan yang erat dan saling terkait secara utuh antara unsur satu dengan yang lainnya. Unsur struktural dalam cerkak ini meliputi fakta-fakta cerita yang meliputi karakter, latar atau setting dan alur, tema dan sarana-sarana sastra yang meliputi judul, sudut pandang, simbolisme, gaya dan tone, serta ironi, (2) ditinjau dari segi nilai moral yang terdapat di dalam cerkak karya Irul S Budianto berbeda-beda, yaitu nilai untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, nilai moral untuk bisa melihat masa lalu, masa lalu baik maupun masa lalu yang buruk, nilai moral untuk menjaga warisan nenek moyang agar tetap lestari dan tidak luntur, serta nilai moral yang berisi tentang nilai untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT, (3) ditinjau dari kondisi sosial yang ada di masyarakat dalam cerkak karya Irul S Budianto, hanya terdapat dua keadaan sosial yang ada di dalam cerita, yaitu terdapat kondisi religiusitas, (4) ditinjau dari pendekatan ekstrinsik oleh Rene Wellek dan Austin terdapat sosiologi pengarang, karya sastra, dan pembaca serta dampak sosial karya sastra.

Kata kunci : Cerkak, Nilai Moral, Sosiologi Sastra

 

×
Penulis Utama : Latifah Fitriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114034
Tahun : 2018
Judul : Nilai Moral dalam Lima Cerkak Karya Irul S Budianto (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - fib - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0114034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.