Penulis Utama : Matin Hafidz Abdul Aziz
NIM / NIP : C0113032
×

ABSTRAK

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk AK dan CK dalam Komunikasi Berbahasa Jawa di Terminal Tirtonadi Surakarta?; (2)  bagaimanakah  fungsi  AK dan  CK dalam  Komunikasi  Berbahasa  Jawa  di Terminal Tirtonadi Surakarta?; dan (3) apakah faktor yang melatarbelakangi AK dan CK dalam Komunikasi Berbahasa Jawa di Terminal Tirtonadi Surakarta?. Tujuan dalam penelitian adalah: (1) mendeskripsikan bentuk AK dan CK dalam Komunikasi  Berbahasa  Jawa  di  Terminal  Tirtonadi  Surakarta,  (2) mendeskripsikan fungsi AK dan CK dalam Komunikasi Berbahasa Jawa di Terminal Tirtonadi Surakarta, dan (3) menjelaskan faktor yang melatarbelakangi penggunaan  AK  dan  CK  dalam  Komunikasi  Berbahasa  Jawa  di  Terminal Tirtonadi Surakarta.
Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian
di Terminal Tirtonadi Surakarta. Data dalam penelitian ini berupa data lisan yaitu tuturan berbahasa Jawa di Terminal Tirtonadi Surakarta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan dan tempat sasaran penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah tuturan dalam komunikasi berbahasa Jawa di Terminal Tirtonadi Surakarta.  Metode pengumpulan data dalam penelitian  ini menggunakan  metode  simak  dan  teknik  yang  digunakan  yaitu  dengan  teknik sadap, SLC, SBLC, rekam, dan catat. Analisis data dengan menggunakan metode distribusional dan padan.
Dari hasil analisis data penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) bentuk Ak dan CK meliputi : (a) AK dari bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia, (b) AK dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa, (c) AK dari bahasa Jawa krama ke dalam bahasa Jawa ngoko, dan (d) AK dari bahasa Jawa ngoko ke dalam bahasa Jawa krama. Bentuk CK meliputi : (a) CK penggunaan kata dari bahasa lain, (b) CK penggunaan perulangan kata dari bahasa lain,  dan  (c)  CK penggunaan  frasa dari  bahasa  lain;  (2)  fungsi  AK dan  CK meliputi : (a) fungsi prestise, (b) fungsi persuasif, (c) fungsi argumentatif, dan (d) fungsi komunikatif; (3) faktor yang melatarbelakangi AK meliputi: (a) penutur, (b)  lawan  tutur,  (c)  hadirnya  penutur  ketiga,  dan  (d)  membangkitkan  situasi humor. Faktor yang melatarbelakangi CK meliputi : (a) identifikasi peransosial penutur,  (b)  tidak  adanya  padanan  dalam  bahasa  yang  digunakan,  dan  (c) keinginan untuk menjelaskan/menafsirkan.                                                             .
Kata Kunci: alih kode, campur kode, komunikasi berbahasa Jawa.

 

×
Penulis Utama : Matin Hafidz Abdul Aziz
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113032
Tahun : 2018
Judul : Alih Kode dan Campur Kode dalam Komunikasi Berbahasa Jawa di Terminal Tirtonadi Surakarta(Kajian Sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0113032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
2. Drs. Sujono M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.