Penulis Utama : Rahayu Suryandari Dwi Wuranti
NIM / NIP : C0114052
×

ABSTRAK

Permasalahan  yang dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah  (1) bagaimana suntingan teks SSTEW yang bersih dari kesalahan dengan cara kerja filologi (2) bagaimana deskripsi isi teks SSTEW; Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menyajikan teks SSTEW  yang bersih dari kesalahan sesuai dengan  cara kerja filologi (2) mengungkapkan deskripsi isi teks SSTEW .
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research). Data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder, data primer yaitu teks naskah SSTEW yang merupakan naskah tunggal koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan data sekunder yaitu teks naskah SSTEW yang sudah dialihaksarakan dan buku-buku, makalah artikel dan sumber informasi penunjang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik content analysis serta melalui tahap inventarisasi, pengecekan, pengamatan, digitalisasi dan transliterasi.
Teknik analisis data yang dilakukan melalui deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks beserta aparat kritik, terjemahan. Metode yang digunakan adalah metode standar. Dilanjutkan dengan analisis kajian isi, untuk mengungkapkan isi yang terkandung dalam naskah SSTEW.
Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) berdasarkan analisis filologi ditemukan varian-varian lacuna ada 16, adisi hanya 4, hiperkorek ada 13, dan ketidakkonsistenan dalam penulisan ada 4. Hasil suntingan teks dalam penelitian ini dinyatakan sudah bersih dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. (2) Naskah ini membahas mengenai bab-bab dan tatacara wanita hamil hingga melahirkan. Secara spesifiknya berisi tentang macam-macam nyidham, pantangan wanita hamil, selamatan adat jawa madeking dan mitoni  serta upaya-upaya adat masa kehamilan.


Kata kunci : Filologi, Bab Tiyang Estri Wawrat, adat istiadat tatacara kehamilan dan kelahiran.

 

×
Penulis Utama : Rahayu Suryandari Dwi Wuranti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114052
Tahun : 2018
Judul : Bab Sarat-Sarat Utawi Sarana Tumrap Tiyang Estri Wiwit Wawrat Ngantos Dumugi Lairing Jabang Bayi Lan Ngantos Nyapih dalam Platen Album Yogya No. 30 (Suntingan Teks dan Kajian Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0114052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Tri Winarni, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.