Penulis Utama : Narulita Puspita Rahmi
NIM / NIP : E0014291
×

ABSTRAK

Narulita Puspita Rahmi. E0014291. ANALISIS YURIDIS PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DALAM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1362 K/PID/2016). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian alasan pengajuan kasasi penunutut umum untuk membuktikan tindak pidana penganiayaan dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP dan mengetahui kesesuaian pertimbangan hukum Mahkamah Agung dalam memutus pengajuan kasasi dalam perkara penganiayaan  dengan  ketentuan  Pasal  197  ayat  (1) huruf d  KUHAP. Penulisan ini merupakan penelitian hukum normatif atau biasa disebut dengan penelitian hukum doktrinal yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier dengan pendekatan studi kasus. Bahan hukum primer terdiri dari perundang-undangan, catatan catatan resmi, risalah dalam pembuatan peraturan perundang-undangan dan putusan putusan hakim. Adapun bahan hukum sekunder  berupa  semua  publikasi   tentang  hukum   yang  bukan   merupakan dokumen-dokumen resmi. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis  adalah  studi  dokumen  atau  studi  kepustakaan.  Teknik  analisis  bahan hukum dalam penelitian ini bersifat deduksi dengan metode silogisme. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa alasan pengajuan kasasi penunutut umum untuk membuktikan tindak pidana penganiayaan telah sesuai dengan Pasal 253 KUHAP dan pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus pengajuan kasasi dalam perkara penganiayaan telah sesuai dengan Pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP.

Kata Kunci: Pengajuan Kasasi, Pertimbangan Hakim, Penganiayaan.

 

×
Penulis Utama : Narulita Puspita Rahmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014291
Tahun : 2018
Judul : Analisis Yuridis Pengajuan Kasasi Penuntut Umum Terhadap Putusan Bebas Dalam Tindak Pidana Penganiayaan (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1362 K/PID/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0014291-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.