Penulis Utama : Nindita Ariandayu
NIM / NIP : E0014301
×

ABSTRAK

Nindita   Ariandayu.   2018.   Implementasi   Percepatan   Tanah   Di
Kabupaten Sukoharjo.  Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  mengkaji  implementasi percepatan sertifikasi tanah di Kabupaten  Sukoharjo pada tahun 2017 dan hambatan-hambatan yang di hadapi Kantor Pertanahan Kabupaten Sukoharjo dalam memenuhi target pendaftaran tanah sistematis lengkap.

Penelitian hukum ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif analistis. Dalam menganalisis data yang telah   diperoleh   tersebut   dipergunakan   pendekatan   kualitatif   yang dinyatakan oleh responden secara tertulis maupun lisan dan juga perilaku nyata  yang  diteliti  dan  dipelajari  sebagai  suatu  yang  utuh.  Jenis  dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang didukung data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukoharjo sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen seperti perundang-undangan, data tertulis yang diperoleh dari lokasi penelitian dan bahan hukum yang lain.

Pembahasan dalam penelitian ini memberikan deskripsi bahwa implementasi percepatan sertifikasi tanah di Kabupaten Sukoharjo yaitu dengan adanya prosedur seperti sosialisasi/penyuluhan, pengumpulan data yuridis, pengukuran bidang tanah, membentuk panitia pemeriksaan tanah, memberikan pengumuman, penerbitan sertifikat dan penyerahan sertifikat. Dalam melaksanakan pembuatan sertifikat tanah ada beberapa hambatan yaitu hambatan administrasi, hambatan di lapangan dan hambatan Sumber Daya Manusia.

Kata Kunci: Tanah, Pendaftaran Tanah, Persertifikatan Tana

×
Penulis Utama : Nindita Ariandayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014301
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Percepatan Sertifikasi Tanah Di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0014301-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H
2. Pius Triwahyudi, S.H., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.