Penulis Utama : Rendy Himawan
NIM / NIP : B3215041
×

ABSTRAK

 

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pelayanan CV. Wilis Pesona Wisata dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan yang dilakukan oleh CV. Wilis Pesona Wisata dalam upaya untuk mencapai kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kemungkinan  pelanggan  kembali  menggunakan  jasa  perusahaan  dan mendatangkan pelanggan yang baru.

Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pelayanan sebuah   Biro   Perjalanan   Wisata.   Metode   pengumpulan   data   menggunakan observasi partisipasi, wawancara bebas atau wawancara tidak terstruktur dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Hasil dalam penelitian ini adalah Pelayanan yang diberikan CV. Wilis Pesona Wisata dalam suatu perjalanan. Pada periode bulan Januari 2018 sampai bulan  April  2018  ditemukan  data  bahwa  pelayanan  yang  diberikan  terbagi menjadi   tiga   yaitu,   pelayanan   pra  perjalanan,   saat   perjalanan,   dan   pasca perjalanan. Dari pelayanan tersebut diberikan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan sekaligus untuk kepuasan pelanggan dalam perjalanan, mulai dari transportasi, akomodasi, restaurant atau catering, tour leader dan tour guide, destinasi  wisata,  dokumentasi,  serta fasilitas  tambahan  yang lain.  Dari  semua fasilitas tersebut dalam pemilihan selalu mempertimbangkan faktor kenyamanan pelanggan dalam perjalanan sehingga dapat tercapai kepuasan dari pelanggan tersebut.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah CV. Wilis Pesona Wisata dalam memberika pelayanan kepada konsumen selalu mengutamakan kenyamanan dan kepuasan dari pelanggan tersebut dengan semua inovasi dan fasilitas yang diberikan sehingga dapat tercipta rasa puas dan pelanggan dapat kembali menggunakan jasa CV. Wilis Pesona Wisata suatu saat nanti di masa yang akan datang.

 

Kata Kunci : Pelayanan, Perjalanan, Biro Perjalanan.

 

×
Penulis Utama : Rendy Himawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215041
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pelayanancv. Wilis Pesona Wisata Karanganyar dalam Upaya Meningkatkan Jumlah pelanggan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - H3515036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini Wijaya Wardhani, M.Pd
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.