Penulis Utama : Pipin Nur Ekasari
NIM / NIP : F0114070
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1. Pengaruh tingkat emisi CO2 terhadap kualitas hidup manusia; 2. Pengaruh kemiskinan terhadap kualitas hidup manusia. Data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtun waktu mulai dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 dan lintas sektor sebanyak
38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian  adalah  data  sekunder  yang  berasal  dari  Badan  pusat  Statistik  (BPS) Republik Indonesia dan BPS Provinsi Jawa Timur serta data dari  Germanwatch. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan model estimasi Fixed Effect Model yang diolah menggunakan alat analisis Software Eviews 9.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) tingkat emisi di Provinsi Jawa Timur mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas hidup manusia. Hal ini dikarenakan tingkat emisi CO2  di wilayah Provinsi Jawa Timur masih berada dalam kategori baik yang berarti lingkungan masih bisa mentolerir tingkat emisi tersebut. 2) tingkat kemiskinan mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kualitas hidup manusia. Perlunya perhatian pemerintah dan masyarakat dalam mencegah peningkatan emisi carbon dengan melakukan beberapa tindakan seperti penanaman pohon dan pemanfaatan energi yang ramah lingkungan. Selain itu, perlunya kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, stakeholder, pejabat instansi dan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satu hal yang bisa dilakukan antara lain adalah dibukanya lapangan kerja dan meningkatkan kinerja yang baik dalam birokrasi sehingga sasaran dalam penanggulangan kemiskinan tepat pada sasarannya.

Kata Kunci: Emisi Carbon (CO2), Kemiskinan, Kualitas Hidup Manusia.

 

×
Penulis Utama : Pipin Nur Ekasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114070
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Tingkat Emisi Karbon (CO2 ) dan Tingkat Kemiskinan terhadap Kualitas Hidup Manusia (Studi pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2012-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Ekonomi Pembangunan - F0114070-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.