Penulis Utama : Yusuf Muflikh Raharjo
NIM / NIP : S841508034
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial budaya dalam novel Nun: Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pandangan pengarang terhadap tokoh utama dalam novel Nun: Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan  aspek-aspek  budaya yang terkandung dalam novel Nun: Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra; (4) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Nun: Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra; dan (5) mendeskripsikan  dan menjelaskan  relevansi nilai pendidikan  karakater  yang terkadung dalam novel Nun: Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra dalam pemebelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA Kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini adalah sebuah karya sastra prosa berupa novel Nun: Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yakni dengan mengambil sampel dari data dengan memilah sesuai dengan permasalahan yang diangkat. Penelitian ini menggunakan uji validitas data berupa wawancara mendalam dengan pengarang dan triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis mengalir sehingga memaksimalkan data yang didapat untuk dapat diungkap secara menyeluruh.
Hasil  penelitian  ini  adalah  bahwa  novel  Nun:  Pada  Sebuah  Cermin
menampilkan fenomena-fenomena yang dekat dengan masyarakat dan relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Novel Nun: Pada Sebuah Cermin tercipta  tidak lepas dari sudut pandang  dan latar belakang Afifah Afra sebagai pengarang yang mengisyaratkan bahwa kita harus bisa menjadi dai, menyebarkan kebaikan-kebaikan   kepada   masyarakat.   Novel   ini   sarat   dengan   fenomena masyarakat di Kota Surakarta, khususnya di sekitar Terminal Tirtonadi yang tergolong  sebagai  kaum  marginal.  Selain  itu,  novel  ini memiliki  sisi keunikan dengan mengusung aspek sosio-budaya Jawa, berupa tembang macapat sebagai alur cerita, kesenian ketoprak, dan cerita Damarwulan ke dalam novel.  Novel ini juga memiliki muatan pendidikan karakter dan relevan dengan materi ajar di Kelas XII Sekolah Menengah Atas, Kurikulum 2013. Novel Nun: Pada Sebuah Cermin memiliki muatan pendidikan karakter sebanya tujuh poin, antara lain religius, jujur, disiplin, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab. Ketujuh nilai pendidikan ini memiliki kerelevansian dengan KD 3.1 dan 4.1 dalam pembelajaran SMA.

 

Kata Kunci:  Sosiologi Sastra, Strukturalisme Genetik, Pendidikan Karakter, Novel Nun: Pada Sebuah Cermin.

 

×
Penulis Utama : Yusuf Muflikh Raharjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508034
Tahun : 201/
Judul : Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Nun: pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 201/
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia- S841508034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd.
2. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.