Penulis Utama : Frengki Nur Fariya Pratama
NIM / NIP : C0113026
×

Abstrak

Serat Centhini episode Pengembaraan Seh Amongraga di telaga Ngebel Pranaraga merupakan cerita dari Serat Centhini yang terdapat pada jilid 7. Cerita di bagian ini memuat berbagai tindakan mistis tokoh terhadap ekologi dalam cerita.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitaif dengan tinjauan antropologi sastra yang difokuskan pada antropologi ekologi (Julian H. Steward). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk mistis-ekologis yang terdapat dalam Serat Centhini episode pengembaraan Seh Amongraga di telaga Ngebel Pranaraga. Selain itu, fakta sosio-kultural tokoh Seh Amongraga dan Angganala akan dianalisis dari cerita sebagai model relevansi nilai-nilai mistis- ekologis dalam objek (pupuh 394. Wirangrong pada 18-pupuh 398.Gambuh pada 38).
Teknik penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka dengan dilengkapi wawancara kepada masyarakat Ngebel sebagai budaya yang tersinggung dalam karya sastra.
Hasil dari penelitian ini berupa 1) 7 episode cerita dari Serat Centhini episode pengembaraan Seh Amongraga di telaga Ngebel Pranaraga yang dibagi berdasarkan analisis unit-unit naratif. 2) 10 Bentuk-bentuk misitis-ekologis dalam cerita. 3) Fakta sosio-kultural dari tokoh Seh Amongraga dan Angganala. 4) Relevansi nilai dari cerita Serat Centhini epidose pengembaraan Seh Amongraga di telaga Ngebel Pranaraga. Selain itu, mendeskripsikan tempat-tempat yang menjadi latar cerita dalam Serat Centhini episode pengembaraan Seh Amongraga di telaga Ngebel Pranaraga yang ditemukan di daerah Ngebel Ponorogo.

Kata Kunci : Serat Centhini, Mistis, Ekologi, Antropologi Sastra

 

×
Penulis Utama : Frengki Nur Fariya Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113026
Tahun : 2018
Judul : Korelasi Mistis-Ekologis dalam Serat Centhini Episode Pengembaraan Seh Amongraga di Telaga Ngebel Pranaraga (Tinjauan Antropologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa-C0113026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
2. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.