Penulis Utama : Aristi Aminna Dian Pradana
NIM / NIP : K4413012
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman guru sejarah di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta mengenai nilai-nilai humanisme; 2) Perencanaan implementasi nilai-nilai humanisme dalam pembelajaran sejarah pada siswa difabel di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta; 3) Implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa difabel di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Guru sejarah mendapatkan pemahaman nilai-nilai humanisme untuk diimplementasikan kepada siswa difabel melalui pelatihan dari kepala sekolah, konsultasi dengan guru BK, dan komunikasi dengan orang tua siswa difabel. Pemahaman nilai-nilai humanisme guru sejarah di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta sesuai dengan indikator nilai-nilai humanisme yang meliputi: nilai demokratis, nilai toleransi, nilai apresiatif, serta nilai semangat pantang menyerah. Pemahaman tersebut didasarkan pada sila kedua Pancasila, sabda Rasulullah SAW, prinsip pemberian ruang bagi kreativitas siswa, serta semangat menghapus stigma negatif tentang anak difabel. (2) Implementasi nilai-nilai humanisme pada tahap perencanaan tidak dituliskan secara eksplisit media dan metode untuk menangani siswa difabel dalam RPP, namun dalam implementasi di kelas guru melakukan improvisasi pengajaran. (3) Pada tahap pelaksanaan di kelas, implementasi dilakukan melalui aspek kognitif, afektif, serta psikomotor. Pada tahap evaluasi, implementasi dilakukan berdasarkan kebijakan kurikulum modifikasi secara kualitatif dengan menitikberatkan aspek afektif dan psikomotor perilaku siswa difabel di kelas. Implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa difabel mengalami kendala seperti kondisi kesehatan siswa difabel yang sewaktu-waktu dapat berubah, kondisi emosi siswa difabel yang lebih mudah tersinggung, serta kondisi sarana prasarana sekolah.

Kata Kunci : humanisme, difabel, pembelajaran sejarah, sekolah inklusi

 

×
Penulis Utama : Aristi Aminna Dian Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413012
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Nilai-Nilai Humanisme Melalui Pembelajaran Sejarah pada Siswa Difabel di Sekolah Inklusi SMA Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah- K4413012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yunianto., M. Hum.
2. Isawati, S. Pd., M. A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.