Penulis Utama : Isih Dyah Ayu Putri
NIM / NIP : K3214021
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan komik Lek Karto sebagai ilustrasi Koran AK47, (2) apa saja kekurangan dan kelebihan setiap komik Lek Karto yang terbit dalam koran AK47 periode kepengurusan 2015-2017.
Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan analitis-pragmatik dengan sumber peneltian berupa informant, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan observasi (pengamatan) dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber dan review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat diperjelas sebagai berikut: 1) proses pembuatan Komik Lek Karto sebagai ilustrasi Koran AK-47 diawali dari membahas isu, membuat komik secara manual maupun digital melalui tiga tahapan;  pra produksi, produksi, pasca produksi 2)  analisis kelebihan dan kekurangan komik Lek Karto dilihat dari kualitas karakter dan intensitas penyajian komik. Kelebihan dan kekurangan visualisasi komik Lek Karto tak lepas dari sang pencipta, yaitu komikus sehingga setiap komikus juga dianalisis sesuai dengan kriteria kelebihan dan kekurangan tersebut.

Kata Kunci : komik, Komik Lek Karto, Koran AK-47, LPM Motivasi

 

×
Penulis Utama : Isih Dyah Ayu Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214021
Tahun : 2018
Judul : Analisis ‘Komik Lek Karto’ Sebagai Media Ilustrasi Koran AK-47 di LPM Motivasi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Seni Rupa- K3214021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY Ning Yuliastuti, M.Pd.
2. Dr. Adam Wahida, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.