Penulis Utama : Saras Pamujiarti
NIM / NIP : K3214042
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran aplikasi tekstil pada mata pelajaran menghias busana di kelas XI Busana Butik C SMK Negeri 1 Plupuh Sragen tahun ajaran 2017/2018, (2) Faktor pendorong dan penghambat pembelajaran aplikasi tekstil pada mata pelajaran menghias busana di kelas XI Busana Butik C SMK Negeri 1 Plupuh Sragen tahun ajaran 2017/2018, (3) Hasil karya siswa pada pembelajaran aplikasi tekstil pada mata pelajaran menghias busana di kelas XI Busana Butik C SMK Negeri 1 Plupuh Sragen tahun ajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informant, tempat dan peristiwa arsip dan dokumen. Teknik pengambilan subyek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan berupa triangulasi data dan review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran menghias busana di SMK Negeri 1 Plupuh yaitu tercapainya tujuan pembelajaran sesuai kompetensi dasar membuat hiasan pada busana dengan materi membuat hiasan jilbab dengan aplikasi tekstil. Materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan yang diambil dari buku dan internet. Metode yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran diantaranya metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas. Sedangkan media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu audio dan visual. Evaluasi dilakukan guru selama proses pembelajaran dan setelah siswa menyelesaikan tugas. Penilaian dilakukan melalui pengamatan aktivitas siswa terdiri dari sikap, kehadiran dan hasil karya siswa berupa penilaian persiapan, proses kerja dan hasil karya. 2) Faktor pendukung meliputi: minat siswa, guru memiliki kemampuan baik dalam meyampaikan materi dan mempraktikkan cara pembuatan hiasan jilbab, serta lingkungan yang tenang. Faktor penghambat meliputi: sebagian siswa kurang berminat dan sarana prasarana belum memadai seperti laboratorium khusus menghias serta LCD pyorektor di setiap kelas 3) Hasil karya siswa rata-rata cukup baik, terlihat dari ketercapaian kriteria penilaian yaitu: ketepatan bentuk aplikasi, pengkombinasian warna, prinsip desain, kerapian serta kebersihan.

Kata Kunci : pembelajaran, menghias busana, aplikasi tekstil, hiasan jilbab

 

×
Penulis Utama : Saras Pamujiarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214042
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Aplikasi Tekstil pada Mata Pelajaran Menghias Busana di Kelas XI Busana Butik C SMK Negeri 1 Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Endang Sri Handayani, S.Sn, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.