Penulis Utama : Achmad Abdul Nggofur
NIM / NIP : K4213001
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan: (1) diksi, gaya bahasa dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu; (2) nilai pendidikan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu; (3) relevansinya diksi, gaya bahasa, dan nilai pendidikan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu sebagai materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa di SMA.  
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis dokumen. Data dalam penelitian ini berupa dokumen, yaitu kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu, serta informan yang merupakan narasumber ahli sastra ahli stilistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen serta wawancara dengan narasumber. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menurut Sugiyono terdiri dari empat komponen yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) sajian data; (4) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa (1) diksi yang digunakan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu, berupa kata konotatif, kata konkret, kata seru, kata serapan, kata sapaan dan nama diri, kata dengan objek realita alam, kata bernuansa erotisme, afiksasi arkais (tembung entar), serta kawruh kagunan basa Jawa; (2) gaya kalimat yang digunakan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu, berupa: elipsis, kalimat pendek dan sederhana, konjungsi pada awal kalimat, paralelisme, epizeuksis, anafora, epistrofa, mesodiplosis, anadiplosis, klimaks, antitesis, hiperbola; (3) gaya Bahasa (permajasan) yang digunakan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu, berupa: asindenton, erotesis, metafora, perifrasis, personifikasi, polisindenton, simile, sinekdoke (pars pro toto), dan sarkasme; (4) citraan yang digunakan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu, berupa: penglihatan, pendengaran, penciuman, gerak, perabaan, pengecapan. Selain itu, nilai pendidikan yang ditemukan dalam kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu adalah: (1) nilai religius; (2) nilai moral; (3) nilai sosial; (4) nilai budaya. Analisis diksi, gaya bahasa, dan nilai pendidikan pada kumpulan cerkak Rembulane Wis Ndhadhari karya Sri Setya Rahayu ini relevan dengan materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa karena kumpulan cerkak tersebut mengandung estetika dan nilai-nilai pendidikan yang dapat digunakan sebagai materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa kelas X SMA.
 
Kata kunci: diksi, gaya bahasa, nilai pendidikan, materi ajar bahasa Jawa.

 

×
Penulis Utama : Achmad Abdul Nggofur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213001
Tahun : 2018
Judul : Analisis Diksi, Gaya Bahasa, dan Nilai Pendidikan pada Kumpulan Cerita Cekak Rembulane Wis Ndhadhari Karya Sri Setya Rahayu serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Jawa-K4213001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd,
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.