Penulis Utama : Arya Yudha Susetyo
NIM / NIP : I8715030
×

Arya Yudha Susetyo, 2018. Evaluasi Saluran Drainase Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Tugas akhir Program DIII Infrastruktur Perkotaan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Air adalah unsur bagi kehidupan umat manusia, tetapi air juga dapat menjadi musuh dahsyat bagi manusia bila tidak ditata dengan baik sebagaimana dialami oleh banyak negara di dunia ini, termasuk Indonesia. Permasalahan lingkungan yang sering dijumpai di Negara kita pada saat ini adalah terjadinya banjir pada musim hujan, dan salah satu upaya dalam menanggulangi banjir ini adalah dengan membuat saluran drainase yang mampu menampung air hujan dengan baik. Drainase dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Saluran drainase direncanakan untuk dapat melewatkan debit rencana dengan aman. Perencanaan drainase yang harus diperhatikan adalah data curah hujan, tata guna lahan dan dimensi saluran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi genangan yang ada di RW XI, XII, dan XIII Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta.

Dalam penelitian evaluasi saluran drainase ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan evaluatif. Langkah yang dilakukan adalah melakukan survey, mencari data atau informasi, mengolah data dan yang terakhir penyusunan laporan.

Setelah dilakukan studi komparasi dengan kondisi saluran existing yang ada, Saluran 1 (S1) dan Saluran 5 (S5) tidak memenuhi dan perlu dilakukan rehabilitasi dengan hasil perhitungan yang didapat yaitu saluran persegi ekonomis dengan lebar dasar B = 0,76 dan tinggi h = 0,38 m untuk saluran 1 (S1), dan lebar dasar B = 0,60 dan tinggi h = 0,30 m untuk saluran 5 (S5) . Sementara untuk Saluran yang lain memenuhi dan cukup dilakukan pemeliharaan lebih lanjut. Pemeliharaan tersebut berupa pengerukan sedimen yang ada disaluran.

Kata-kata kunci: Debit Rencana, Kapasitas Saluran Drainase, Dimensi Saluran                    Drainase 

×
Penulis Utama : Arya Yudha Susetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8715030
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Saluran Drainase Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : Hadiah
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adi Yusuf Muttaqien, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.