Penulis Utama : Rominto Sady
NIM / NIP : S841608019
×

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tema yang terdapat pada syair tadut masyarakat Kedurang Bengkulu Selatan; 2) Mendeskripsikan nilai-nilai keagaman yang terkandung dalam syair tadut masyarakat Kedurang Bengkulu Selatan; 3) Mendeskripsikan relevansi tema dan nilai-nilai keagamaan dalam  syair  tadut  dengan  bahan  ajar  bahasa  Indonesia  SMP  di  Kedurang Bengkulu Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi sastra. Sumber data pada penelitian ini yaitu transkrip syair tadut hasil wawancara dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Validasi data dalam penelitian ini digunakan validasi sumber, metode, dan teori. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Tema yang terdapat pada syair tadut meliputi (a) Hakikat hidup manusia, (b) Hakikat karya manusia, (c) Hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (d) Hakikat hubungan manusia dengan sesamanya. (2) Nilai-nilai keagamaan yang terkandung dalam syair tadut meliputi (a) Nilai keagamaan yang berhubungan dengan aqidah, (b) Nilai keagamaan yang berhubungan dengan ibadah, dan (c) Nilai keagamaan yang berhubungan dengan akhlak. (3) Tema dan nilai-nilai keagamaan dalam syair tadut relevan dengan bahan ajar bahasa Indonesia di SMP khusunya pada pembelajaran sastra KD tentang puisi rakyat.

Kata Kunci     : Tadut, tema, nilai keagamaan, bahan ajar

 

×
Penulis Utama : Rominto Sady
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608019
Tahun : 2018
Judul : Nilai-Nilai Keagamaan dalam Syair “Tadut” dan Relevansinya dengan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Smp Kedurang Bengkulu Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia- S841608019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.