Penulis Utama : Nurfahmi Mutiara Nofa
NIM / NIP : D1515072
×

ABSTRAK

 

Keberadaan  Kantor  Pertanahan  di  Kabupaten  Klaten  terasa  semakin penting sejalan dengan meningkatnya peminat pelayanan tanah yang didukung karena adanya  kesadaran masyarakat akan pentingnya surat hak milik atas tanah. Sebagai instansi pemenerintah yang melayani bidang tanah, Kantor Pertanahan Kabupaten   Klaten   memiliki   peran   yang   sangat   penting   dalam   melayani masyarakat   dibidang   pertanahan.   Sesuai   dengan   misi   Kantor   Pertanahan Kabupaten   Klaten yaitu peningkatan tatanan kehidupan bersama yang lebih berkeadilan dan bermartabat dalam kaitannya dengan penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah (P4T). Salah satu pelayanan yang banyak diminati yaitu pelayanan pendaftaran hak tanggungan.
Tujuan pengamatan yang dilakukan oleh penulis yaitu untuk mengetahui prosedur pendaftaran hak tanggungan di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten. Jenis pengamatan yang dilakukan adalah diskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan bagaimana prosedur pendaftaran hak tanggungan di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten yang dituangkan dalam bentuk kalimat – kalimat dan  berdasarkan  fakta  –  fakta  yang  ditemukan.  Teknik  pengumpulan  data diperoleh   melalui   Observasi   (Pengamatan),   wawancara   dengan   beberapa Informan., dan dokumen penunjang lainnya. Sumber data yang diperoleh berdasarkan peristiwa atau aktivitas, informan, dan dokumen.
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa prosedur pendafaran  hak tanggungan  di  Kantor  Pertanahan  Kabupaten  Klaten sudah sesuai dengan Keputusan Kepala Badan  Pertanahan  Nasional Nomor 1
Tahun 2010 tentang Standar Prosedur Operasi Pengaturan dan Pelayanan di Lingkungan  Badan  Pertanahan  Nasional,  sebagai  berikut  Tahap  pendaftaran berkas di loket, Tahap pengecekan berkas pendaftaran oleh petugas, Pembayaran administrasi, Berkas diserahkan pada bagian pelaksana peralihan hak, Dikoreksi dan diparaf oleh Kasubsi peralihan hak atas tanah, Disetujui dan diparaf oleh Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, Disahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan, Tahap Penyerahan sertipikat dan Tahap pengarsipan berkas dan buku tanah. Di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten terdapat 2 cara pemprosesan berkas pendaftaran  Hak  Tanggungan,  yaitu  dengan  cara  manual  dan  menggunakan aplikasi berbasis web atau KKP (Komputerisasi Kantor Pertanahan ).

Kata Kunci : Prosedur, Hak Tanggungan, Kantor Pertanahan

 

×
Penulis Utama : Nurfahmi Mutiara Nofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515072
Tahun : 2018
Judul : Prosedur Pendaftaran Hak Tanggungan di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi- D1515072-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.