Penulis Utama : Nur Qomariah Yuniasari
NIM / NIP : D1515071
×


ABSTRAK

Salah satu sumber penerimaan negara yang terbesar adalah dari sektor pajak. Kepatuhan   Wajib   Pajak   turut   berperan   dalam   menentukan   keberhasilan pencapaian  tujuan  pembangunan  nasional.  Pengamatan  ini  dilakukan  sebagai bahan penulisan Tugas Akhir yang dimaksudkan untuk mengetahui sistem penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak dengan e-Filing, khususnya Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Sukoharjo.

Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai sistem penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak dengan e-Filing, mengetahui kendala dalam pelaksanaan sistem e-Filing dan solusi dalam mengatasi kendala tersebut di KPP Pratama Sukoharjo.

Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa sistem penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak dengan e-Filing melalui tiga tahap yaitu pengajuan permohonan aktivasi e-FIN, pendaftaran e-Filing, dan penyampaian SPT dengan e-Filing. Sistem penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak dengan e-Filing dikhususkan untuk formulir 1770S dan 1770SS. Untuk pengisian e-Filing terdiri dari dua pilihan yaitu pengisian berdasarkan pada formulir SPT dan pengisian secara bertahap melalui wizard (panduan). Perkembangan penyampaian SPT Tahunan   dengan   e-Filing   di   KPP   Pratama   Sukoharjo   terus   mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan SPT Tahunan dengan e-Filing seperti belum banyak Wajib Pajak yang mengetahui tentang e-Filing.

Kata Kunci : Sistem, SPT Tahunan, e-Filing, Wajib Pajak.

×
Penulis Utama : Nur Qomariah Yuniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515071
Tahun : 2018
Judul : Sistem Penyampaian Surat Pemberitahuan (Spt) Tahunan Wajib Pajak dengan E-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi- D1515071-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.