Penulis Utama : Septi Marfuah
NIM / NIP : D1515089
×

ABSTRAK

Pengamatan  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  administrasi ekspor barecore yang dilakukan di PT. Manunggal Cipta Persada mulai dari booking contract, booking space atau kapal, mengurus dokumen-dokumen ekspor, hingga  pengiriman  dokumen  ke  Bank.  PT.  Manunggal  Cipta  Persada  adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yaitu sebagai industri pengolah kayu yang berdiri pada tahun 2013. Produk yang berupa barecore grade A dan grade B sementara dipasarkan ke Negara China dan Taiwan.

Metode pengamatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah observasi secara langsung di perusahaan dan wawancara dengan staf ekspor mengenai bagaimana ekpor dilakukan, dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan dan hambatan-hambatan  yang dihadapi  dalam  pelaksanaan  kegiatan ekspor  di  PT. Manunggal Cipta Persada serta melakukan studi pustaka mengenai administrasi ekspor.  Data  yang  diperoleh  dari  pengamatan  ini  berupa  data  primer  yang diperoleh secara langsung dari perusahaan dan data sekunder yang diperoleh dari sumber lain yaitu buku, jurnal, dan website.

Dari hasil pengamatan yang dari PT. Manunggal Cipta Persada Sukoharjo dapat  diketahui  dokumen-dokumen  ekspor  yang  dibutuhkan  untuk  ekspor  ke China  dan  Taiwan,  prosedur  ekspor  ke  China  dan  Taiwan  yang  terdiri  dari beberapa tahap mulai dari pemesanan produk, pembuatan dokumen ekspor, pemesanan ruang kapal, proses karantina, proses stuffing, proses pengiriman barang ke pelabuhan, pengiriman dokumen kepada buyer, hingga pencairan pembayaran ke Bank dan hambaan-hambatan ekspor.

Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan administrasi ekspor di PT. Manunggal Cipta Persada sudah berjalan baik dan lancar, walaupun terkadang mengalami sedikit hambatan. Untuk itu terdapat beberapa saran yang dikemukakan yaitu peningkatan komunikasi dalam pengurusan dokumen ekspor agar pengurusan dokumenlebih efektif dan efisien dan peningkatan kualitas produksi agar barang selalu lolos dalam proses karantina sebelum diekspor.

Kata kunci : Administrasi, Dokumen Ekspor dan Prosedur Ekspor.

 

 

×
Penulis Utama : Septi Marfuah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515089
Tahun : 2018
Judul : Administrasi Ekspor Barecore di PT. Manunggal Cipta Persada Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi- D1515089-2018
Kata Kunci : Administrasi, Dokumen Ekspor dan Prosedur Ekspor.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.