Penulis Utama : Dinda Orieama Yoga Pratica
NIM / NIP : F1316044
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan dan mekanisme pengawasan corporate governance terhadap pengungkapan sustainability reporting perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Penelitian ini dilakukan dengan memperluas ke dalam lingkup perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI, sementara pada penelitian sebelumnya hanya berfokus pada perusahaan sektor manufaktur. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan selama 3 (tiga) tahun berturut-turut sehingga total terdapat 39 data observasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan data panel dan diolah menggunakan program Eviews 10. Pengungkapan sustainability reporting diukur dengan dengan teknik scoring menggunakan indeks dari GRI G4 yaitu jumlah item yang diungkapkan terhadap jumlah item yang diharapkan diungkapkan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik perusahaan dan mekanisme pengawasan corporate governance tidak sepenuhnya mempengaruhi pengungkapan sustainability reporting suatu perusahaan. Terbukti bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan sementara profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, proporsi komisaris independen dan kepemilikan publik berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan sustainability reporting. Perusahaan besar tidak menjamin akan melakukan pengungkapan sustainability reporting secara lebih luas bergantung pada jenis kegiatan operasionalnya seperti lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan contohnya sektor perkebunan dan pertambangan. Namun di sisi lain, perusahaan yang mempunyai good governance akan mendorong pengungkapan sustainability reporting secara lebih luas.
Keterbatasan dalam penelitian ini antara lain yang pertama, sampel penelitian hanya pada perusahaan non-keuangan terdaftar di BEI saja, untuk penelitian selanjutnya bisa diperluas tidak hanya lingkup BEI saja. Kedua, periode sampel penelitian hanya tahun 2014-2016 dikarenakan menyesuaikan dengan standar GRI G4. 

Kata Kunci: Pengungkapan Sustainability Reporting, Karakteristik Perusahaan, Corporate Governance, GRI.

×
Penulis Utama : Dinda Orieama Yoga Pratica
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1316044
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Mekanisme Pengawasan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability Reporting pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bei 2014-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Akuntansi-F1316044-2018
Kata Kunci : Pengungkapan Sustainability Reporting, Karakteristik Perusahaan, Corporate Governance, GRI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurmadi Harsa Sumarta, SE., M.Si., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.