Penulis Utama : Nur Widayati Dewi Rinaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Identifikasi upaya peningkatan pendaftaran NPWP dalam rangka ekstensif ikasi wajib pajak di KPP Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400070-2003
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pajak adalah salah satu sumber penerimaan negara yang mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis. Salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian target penerimaan pajak yang optimal adalah tingkat kepatuhan dan kesadaran Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, dalam hal ini adalah kepatuhan dan kesadaran untuk mendaftarkan diri menjadi Wajib Pajak dan memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Tingkat kepatuhan Wajib Pajak sehubungan dengan pendaftran NPWP tergolong masih rendah, ternyata masih banyak penduduk yang sebenarnya telah memenuhi kriteria sebagai Wajib Pajak dan wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP tetapi belum melaksanakan kewajibannya untuk mendaftarkan diri. Hal ini terbukti dari data yang diperoleh penulis dalam penelitian di KPP Surakarta, dimana sampai dengan tahun 2001 dari jumlah penduduk sebesar 3.181.567 jiwa, Wajib Pajak yang terdaftar hanya mencapai 24.191 Wajib Pajak sedangkan Wajib Pajak yang potensial (seharusnya terdaftar ) diperkirakan sebesar 127.263 Wajib Pajak. Dari data tersebut menunjukkan bahwa masih banyak Wajib Pajak yang tidak patuh artinya mereka yang seharusnya terdaftar tetapi belum mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Mengingat masih banyak Wajib Pajak yang belum terdaftar, maka perlu adanya kiat dan strategi dari Dirjen Pajak dalam hal ini adalah KPP Surakarta dalam rangka menjaring Wajib Pajak dan berusaha untuk memasyarakatkan pajak agar masyarakat sadar akan kewajibannya. Dengan adanya upaya ekstensifikasi diharapkan akan dijaring Wajib Pajak baru yang secara otomatis dapat meningkatkan jumlah Wajib Pajak terdaftar yang akhirnya juga akan berpengaruh pada peningkatan penerimaan pajak.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis