Penulis Utama : Guntari
NIM / NIP : K7514026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengelolaan arsip Buku Tanah di kantor Pertanahan Kota Surakarta; (2) Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan arsip Buku Tanah di kantor Pertanahan Kota Surakarta; dan (3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan arsip Buku Tanah di kantor Pertanahan Kota Surakarta. 
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan, pengamatan tempat dan peristiwa, serta dokumen atau rekaman yang berkaitan dengan arsip Buku Tanah. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan bola salju (Snowball Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengelolaan arsip Buku Tanah di kantor Pertanahan Kota Surakarta meliputi: (a) Penciptaan arsip terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. (b) Pelaksanaan penyimpanan berdasarkan sistem campuran wilayah dan subyek. (c) Pegawai arsip tidak memiliki latar belakang pendidikan kearsipan. (d) Fasilitas arsip yang tersedia yaitu lemari arsip otomatis/ modern, meja, kursi, alat tulis, penjepitkertas, komputer, telepon, album Buku Tanah, buku kuarto, stapler, AC, kipas angina dan sekat. (e) Ruangan sudah memperhatikan aspek warna, cahaya, suhu, dan suara namun kebersihan kerapian masih kurang. (f) Peminjaman dan penemuan kembali sederhana yaitu dengan melakukan pencatatan pada buku Bon Buku Tanah dan Buku Laporan Cek Perhari tanpa adanya kartu kendali. (g) Perawatan dilakukan tidak secara berkala, hanya dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas arsip, sedangkan untuk pengamanan terhadap arsip telah dipasang CCTV ruangan serta penjagaan ketat oleh tenaga keamanan. (h) arsip tidak pernah disusutkan karena merupakan bukti sejarah asal-usul kepemilikan tanah. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah ruangan penyimpanan dan ruang proses penggunaan arsip yang terpisah, terbatasnya sumberdaya manusia, belum ada pelatihan khusus pegawai, dan yang terakhir yaitu pegawai arsip yang kurang teliti. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu dengan pembuatan tali hubung sebagai jalan pintas, menjalin kerjasama dengan sekolah sebagai mitra magang, belajar mengelola arsip kepada yang sudah berpengalaman, dan penerbitan Buku Tanah baru.

Kata kunci: pengelolaan arsip, Buku Tanah, Kantor Pertanahan Kota.

×
Penulis Utama : Guntari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514026
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pengelolaan Arsip Buku Tanah di Kantor Pertanahan Kota Surakarta Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Jur. Pend. Administrasi Perkantoran-K7514026-2018
Kata Kunci : pengelolaan arsip, Buku Tanah, Kantor Pertanahan Kota.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Santosa TH, M.Pd.,
2. Dra. Patni Ninghardjanti, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.